Apa Itu PO (Pre Order) ?

arti po

Suka berbelanja online di berbagai marketplace atau melalui sosial media? Pasti merasa familiar ya dengan kata-kata PO ya?  Tapi apa sih arti kata PO itu sendiri?

Ketika kita belanja di online shop atau marketplace barang yang mendapat kata-kata PO perlu kita perhatikan dengan sebaik mungkin, karena penting untuk kebutuhan belanja kita, lalu apa arti PO itu?

Arti Kata PO ( Pre Order )

arti kata preorder

PO merupakan singkatan dari pre order yang mana kita sebagai pembeli harus memesan barang terlebih dahulu dan barangnya akan dibuat setelah kita melakukan pemesanan.

Barang yang dalam kategori PO ini harus dipesan terlebih dahulu dan barangnya tidak ready saat itu juga sehingga kita perlu menunggu barang yang kita pesan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Istilah PO dalam dunia per-onlineshop-an bisa dikatakan sangat populer, jadi ketika kita ingin membeli suatu barang, kita perlu tahu nih, status produk yang ingin kita beli, apakah ready stock atau enggak.

Mengapa Ada Istilah PO dalam Online Shop?

Terus mengapa sih harus ada sistem PO ketika belanja di online shop? Kan jadi bikin kita ragu mau pesan apa enggak.

Nah, umumnya penyebab adanya PO di dunia online shop disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah :

  • Barangnya tidak ready stock

Mengapa PO terjadi? Karena umumnya barang yang ingin dijual tidak ready stock sehingga harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

  • Produknya susah dicari

Biasanya sih produk yang tidak selalu ready stock atau dibuat sistem PO adalah produk-produk makeup populer atau bisa juga fashion seperti baju, celana atau hijab modern sehingga kita harus keep atau pesan barang itu dahulu.

  • Barang yang diinginkan merupakan custom made

PO sering terjadi kepada barang-barang yang sifatnya custom made atau sesuai dengan apa yang kita minta seperti membeli bucket bunga yang diberi nama kita atau donat karakter yang ingin kita buat sesuai selera kita.

Nah, barang-barang yang sifatnya custom made inilah yang umumnya sering sekali dijual dengan sistem PO.

Kesimpulan

Kesimpulannya, arti PO dalam dunia online shop adalah singkatan dari pre order yang mana pembeli harus melakukan pemesanan terlebih dahulu baru barang datang setelah pesan.

PO terjadi karena beberapa hal mulai dari barang yang tidak ready stock hingga barang yang sifatnya custom made.

Sudah paham arti kata PO dalam dunia online shop? Jika kita memang membutuhkan barang tersebut secepatnya, hindari penjual yang menawarkan sistem PO, ya!

 

Sumber : Wikipedia

 


Felderfans.com

 

Artikel Lainnya :

Apa Itu Repost ?

Zaflan
1 min read

Apa Itu Stalking ?

Zaflan
1 min read

Apa Itu Bucin ?

Zaflan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *