Apa Itu Stalking ?

Pernah suka sama seseorang dan memperhatikan semua gerak geriknya dan selalu mengawasi apapun aktivitasnya di sosial media? Itu namanya stalking, lho! Eh, tapi apa arti kata stalking itu sendiri?

Tidak bisa dipungkiri, kalau kita menyukai seseorang pasti apapun kegiatan dan aktivitasnya selalu kita perhatikan dan itu merupakan bagian dari stalking, mau tahu apa arti dari kata stalking?

Arti Kata Stalking

arti kata stalking

Kata stalking sebenarnya merupakan serapan dari bahasa Inggris dari kata dasar stalk yang menambahkan imbuhan “ing”.

Arti dari kata stalking adalah mengikuti namun kemudian berubah maknanya menjadi aktivitas yang suka memperhatikan orang, terlebih  jika orang tersebut adalah orang yang kita suka.

Dalam makna yang lebih ekstrem, stalking ini sama halnya menguntit, lho! Dan aktivitas menguntit sangat menggangu privasi orang.

Namun saat ini, kata stalking lebih mengarah kepada aktivitas yang hampir mirip dengan mengetahui hal-hal yang disukai oleh gebetan kita melalui sosial media, entah itu instagram, facebook atau twitter.

Penyebab Orang Suka Stalking?

penyebab stalking

Mengapa orang suka-suka stalking? Apa saja sih hal-hal yang mendasari aktivitas satu ini? Berikut adalah macam-macam penyebab orang jadi suka stalking.

Kepo atau suka mencari tahu

Kepo atau suka mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan gebetan atau orang lain adalah penyebab paling umum mengapa orang suka sekali stalking.

Ingin mengenal lebih dekat

Orang yang suka stalking juga didasari oleh hasrat ingin mengenal lebih dekat sosok yang ia kagumi tersebut sehingga ia perlu stalking agar bisa PDKT.

Rasa penasaran tinggi

Stalking juga didasari oleh rasa penasaran yang cukup tinggi sehingga menimbulkan keinginan dalam diri kita untuk mengetahui siapa orang tersebut.

Jenis-jenis Stalking

jenis-jenis stalking

Terdapat empat jenis stalking yang biasa dilakukan di kalangan anak muda yaitu :

  • High school stalking
  • Media sosial stalking
  • Psycho stalking
  • Predator stalking

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah kata stalking berarti mengikuti orang baik itu kita ikuti secara langsung atau hanya melalui sosial medianya.

Penyebab stalking sendiri didasari oleh rasa kepo, penasaran yang tinggi dan juga karena ingin mengenal lebih dekat.

Nah sekarang sudah tahu kan apa itu stalking? Apakah kita adalah korban stalking seseorang atau justru kita sendiri adalah sosok orang yang memang hobi stalking?

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

 

Sumber : Wikipedia


 

Baca Juga : 

Leave a Comment