Cara Membuat Kue Lapis Legit

Cara Membuat Kue Lapis Legit Kalian pasti sudah mengenal kue Lapis Legit yang banyak beredar dipasaran. Kue lapis legit ini banyak dijual dalam bentuk kemasan yang siap untuk disantap. Bermacam-macam merek menjamin bahwa rasanya lezat dan dapat disimpan. Lapis legit juga terkenal karena wangi kue nya yang kha dan juga lapisan adonan bewarna kuning dan coklat yang berlapis sehingga mempercantik tampilan kue.

Walupun kue ini banyak beredar dipasaran dan terlihat sulit untuk dibuat, ternyata ada cara yang cukup sederhana untuk membuat kue Lapis Legit ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak telalu susah ditemukan. Dengan catatan kalian harus membutuhkan ketelatenan dalam memvuat lapisan-lapisan ketika memanggang kue ini, agar hasilnya maksimal.

Berikut admin kasih resep cara membuat kue lapis legit dan bisa kalian lakukan sendiri dirumah.

Cara Membuat Kue Lapis Legit

kue lapis legit

Bahan – bahan :

  • 20 kuning telur
  • 250 g gula pasir
  • ½ sdt vanilli bubuk
  • 1 sdm bumbu spekuk
  • 75 g tepung tergiu
  • 500 g mentega, kocok
  • 3 sdm susu kental manis

Cara membuatnya :

  1. Panaskan oven dengan suhu 200ºC. Lalu siapkan loyang berukuran 20x20x8 cm olesi mentega dan beri alas kertas roti.
  2. Kocok kuning telur, gula dan vanilli sampai naik.
  3. Masukkan bumbu spekuk dan terigu, kocok hingga rata.
  4. Masukkan mentega kocok dan susu kental manis, aduk rata kembali.
  5. Tuang secara merata 3-4 sdm adonan ke dalam loyang, panggang selama 5 menit sampai kuning. Olesi mentega kocok lalu di tekan-tekan lapisan yang sudah matang.
  6. Tuang 3-4 sdm lapisan berikutnya, panggang lagi dan lakukan hal yang sama sampai adonan habis dan berlapis, angkat, setelah dingin keluarkan dari loyang lalu potong persegi.
  7. Sajikan.

Cara Membuat Kue Lapis Legit Pontianak

kue lapis legit pontianak

Bahan – bahan :

  • 340 gr mentega
  • 30 biji kuning telur
  • 220 gr gula pasir
  • 100 gr susu bubuk full cream
  • 3 sdm susu kental manis

Cara Membuatnya : 

  1. Kemudian kocok kuning telur bersama gula pasir,kocok sampai mengembang putih juga.
  2. Kemudian kocok kuning telur bersama gula pasir,kocok sampai mengembang putih juga.
  3. Selanjutnya,campur adonan mentega kedalam adonan telur,tambahkan susu bubuk dan susu kental manis,aduk rata.
  4. Alas loyang 20*20 dengan kertas roti pada bagian dasarnya,lalu oles margarin pd bagian sisi2 loyang,kemudian tuang adonan lapis pertama lalu panggang menggunakan api bawah,panggang smpe matang.
  5. Setelah itu panggang setiap lapisan lapis yg lain menggunakan api atas,panggang selapis demi selapis smpe adonan habis,selesai 😁

Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju

kue lapis legit keju

Bahan – bahan :

  • 30 butir kuning telur
  • 300 gram mentega
  • 135 gram tepung terigu
  • 6 sendok makan susu kental manis
  • 300 gram gula halus
  • 180 gram keju cheddar batangan

Cara Membuat Adonan :

  1. Siapkan wadah, lalu masukan butter, susu kental manis dan mentega yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tersebut. Kocok campuran bahan-bahan tersebut sampai kaku atau berwarna putih. Jika sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Pada wadah yang berbeda, masukan telur dan gula halus. Lalu kocok dengan menggunakan kecepatan tinggi sampai berwarna putih.
  3. Campurkan tepung terigu dengan susu bubuk full cream. Lalu masukan campuran ini ke dalam kocokan telur dan gula halus sedikit demi sedikit. Kocok dengan menggunakan kecepatan rendah.
  4. Setelah itu, campurkan kedua adonan dengan menggunakan spatula. Lalu kocok sampai tercampur merata. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Kue Lapis Legit Keju :

  1. Siapkan loyang berbentuk kotak dengan ukuran 24x24x5 cm. Lalu olesi loyang tersebut dengan menggunakan minyak atau mentega secukupnya dan alasi dengan menggunakan kertas roti.
  2. Ambil oven dan panaskan dengan suhu 220 derajat C. Anda bisa menggunakan oven listrik ataupun oven biasa.
  3. Siapkan mangkuk sebanyak 2 buah bersama dengan sendok makan. Lalu masukan masing-masing adonan ke dalam mangkuk tersebut sebanyak kurang lebih 6 sendok. Untuk salah satu adonan silahkan masukan perutan keju secukupnya atau sesuai selera. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
  4. Masukan adonan yang tidak menggunakan keju ke dalam loyang tadi yang sudah anda siapkan. Kemudian ratakan dengan menggunakan sendok. Panggang adonan ini sampai berwarna kuning kecoklatan atau selama kurang lebih 5 menit tergantung oven yang anda gunakan. Pastikan warnanya merata. Jika tidak, silahkan putar-putar loyang sampai menghasilkan warna kue yang merata.
  5. Selanjutnya, keluarkan loyang dari dalam oven. Lalu padatkan kue yang sudah dioven tadi. Tuangkan adonan yang sudah ditambahkan keju, ratakan dan kembali panggang hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  6. Kembali keluarkan loyang dari oven, padatkan kue dan tuangkan adonan tanpa keju. Oven kembali sampai warnanya kuning kecoklatan.
  7. Silahkan lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan secara bergantian sampai adonan habis.
  8. Setelah adonan habis, anda bisa memanggangnya selama kurang lebih 10 menit atau sampai kue benar benar matang.
  9. Apabila kue sudah matang, tunggu beberapa saat sampai dingin. Lalu keluarkan kue dari loyang dan potong-potong.

Demikian mengenai ulasan cara membuat kue lapis legit yang kami ulas hari ini. Semoga informasi mengenai resep lapis legit diatas bermanfaat dan bisa Kalian coba di rumah. Terimakasih 🙂

Leave a Comment