Cara Ping Google

Cara Ping Google Agar koneksi internet stabil, kamu dapat menggunakan cara yang disebut ping (Packet Internet Gopher). Melalui cara ini komputer akan mengirimkan data ke suatu alamat dan menunggu responnya kembali. Tidak perlu khawatir, cara ping google di pc dan android sangatlah mudah, kamu hanya perlu meluangkan waktu kuran dari 1 menit saja.

Lalu seperti apa cara menggunakan ping google ? Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek koneksi internet dan membuatnya stabil dengan melakukan ping ke google.

Cara Ping Google Dengan CMD

cara ping google dengan cmd

Jika kamu hanya mengecek koneksi saja, bisa gunakan cara dibawah ini :

  • Klik start menu – run – cmd
  • Lalu ketikkan perintah ping : ping google.com -t -l 1 lalu tekan enter
  • Jika koneksi kamu bagus, makan akan tampil seperti ini : Reply from ….
  • Tapi jika mendapati koneksi sedang down, makan akan tampil seperti : Request time out

Untuk melakukan cara ping ini sebenarnya tidak hanya ke google saja. Website lain pun sebenarnya bisa untuk dilakukan ping. Tetapi, hingga saat ini Google lah yang menjadi server paling sering dipakai oleh pengguna laptop atau pc.

Cara Membuat Shortcut Ping Google

Pada artikel ini akan saya jelaskan juga cara membuat shortcut ping di dekstop agar lebih cepat, jadi jika sewaktu-waktu kamu ingin menggunakannya, makan tinggal klik saja shortcut tersebut.

1. Cara Ping Google Pertama

  • Klik kanan di dekstop pc > pilih New > pilih Shortcut
  • Pada kotak yang tersedia, isi dengan perintah ini : cmd/ k ping google.com -t -l 1
  • Klik Next lalu beri nama di kotak tersedia misalnya : Ping google
  • Kemudian klik Finish
  • Selanjutnya buka shortcut yang telah dibuat, jangan di close

2. Cara Ping Google Kedua

  • Buka notepad di pc kamu
  • Kemudian ketik perintah : ping google.com -t -l 1
  • Simpan di dekstop dengan nama file : ping.batDescription

Cara Ping Google di Android

1. Menggunakan Aplikasi “Ping”

cara ping google dengan aplikasi ping

Aplikasi ini sangat mudah sekali untuk digunakan, pada aplikasi Ping ini kamu tidak perlu memasukkan name server seperti dipakai di terminal. Setelah kamu sudah mendownload aplikasi ini. Buka aplikasinya dan di bagian ping, tap “bagian host” untuk mengganti (jika dibutuhkan). Jika sudah, klik start.

Jika berhasil maka laporan hasil ping tadi akan muncul dibawahnya. Dan jika kamu ingin menghentikannya tinggal tap tombil “stop”. Sebagai tambahan, ada juga fitur speed test yang bisa kamu coba untuk menguji kecepatan internet kamu silakan dicoba.

2. Menggunakan Aplikasi Terminal Emulator For Android

cara ping google dengan aplikasi terminal emulator

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengakses terminal seperti CMD seperti di windows. Santai aja, aplikasi ini hanya berukuran 313Kb jadi tidak butuh banyak space buat smartphone kamu. Cara ping google di android dengan aplikasi ini sama persis dengan CMD pada windows.

Buka aplikasinya, masukkan perintah “Ping nameserver” (tanpa petik). Contoh : ping google.com

Kemudian akan masuk respon ping

sebagai catatan untuk kamu, tidak semua perintah CMD di windows bisa kamu gunakan di aplikasi ini.

3. Menggunakan Aplikasi “Ping IP”

cara ping google dengan aplikasi ping ip

Kami berikan pilihan ketiga yaitu aplikasi Ping IP. Cara penggunaannya sama persis dengan aplikasi nomor 2 diatas.

Cara ping google ini memudahkan kita mengecek apakah koneksi sedang down. Jika koneksi sedang down dan anda sedang mendownload, pause terlebih dahulu. Jika sudah stabil, anda dapat melanjutkan aktivitas downloadnya.

4. Menggunakan Aplikasi Termux

cara ping google dengan aplikasi termux

Admin sarankan kamu menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini mampu berjalan dengan baik walaupun hp kamu belum di root. Karena sebagian besar aplikasi-aplikasi terminal yang kamu pasang di android memerlukan akses root tetapi berbeda dengan aplikasi ini, Termux bisa kamu jalankan tanpa harus di root terlebih dahulu smartphone kamu.

Kamu bisa mendownload aplikasinya disini!

Jika kamu sudah install aplikasinya silakan buka dan ketikan perintah ping google.com

Kemudian tekan Enter pada keyboard

Tunggu beberapa saat, Jika muncul jawaban seperti gambar dibawah ini berarti kamu telah sukses melakukan Ping ke server google.

cara ping google termux
sipitek.com

Sampai bagian ini proses Ping akan terus menerus berjalan. Silahkan kamu perkecil aplikasi Termux kemudian coba akses internet apakah ada perubahan atau tidak. Dan untuk menghentikan proses Ping di Termux kamu bisa menutup aplikasi Termux dengan otomatis proses Ping akan berhenti.

Mudah bukan ?

Cara ping google ini dapat memudahkan kita untuk mengecek apakah koneksi sedang bagus atau down. Jika koneksi sedang down dan akmu sedang mendownload, usahakan pause terlebih dahulu. Jika sudah stabil kembali baru kamu dapat menlanjutkan aktivitas downloadnya. 🙂

Leave a Comment