Fungsi Tulang Hasta

Fungsi Tulang Hasta – fungsi tulang ini sangat penting sekali untuk pergerakan pada tubuh manusia terutama tangan. Pada tubuh manusia terdapat salah satu anatomi yang sangat penting yaitu sistem kerangka tulang manusia. Pada sistem kerangka ini terdapat beberapa sistem kerangka lengan yang bisa kita pelajari.

Tulang ulna atau tulang hasta merupakan tulang panjang di bagian lengan bawah sejajar dengan tulang pengumpil. Fungsi tulang hasta ini berfungsi mendukung aktififitas tangan secara keseluruhan.

Daftar isi

Mengenal Tulang Hasta

Tulang hasta merupakan salah satu dari dua tulang yang memberikan struktur pada lengan bawah. Tulang ulna atau tulang hasta ini berada disisi yang berlawanan dengan tulang pengumpil. Kedua tulang tersebut bergabung dengan humerus pada bagian ujung yang lebih besar untuk membuat sambungan siku.

Tulang hasta memungkiknan sendi pergelangan tangan dapat berputar. Tulang ini berdiameter 50% lebih besar dibandingkan dari tulang pengumpul di usia 4 hingga 5 bulan. Selama kehidupan dewasa, pada saat renovasi dan resorpasi telah selesai. diameter ulnaris juga menjadi setengah dari tulang pengumpil.

Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta ialah tulang yang menyimpan mineral dan menghasilkan sel-sel darah pada sum-sum tulang manusia. Tulang hasta ini terletak searah dengan bagian jari kelingking, medial lengan bawah, dekat dengan siku serta sejajar dengan tulang pengumpil.

Tulang ini diibaratkan sebuah pipa yang mempunyai batang dua ujung. yang berada di bagian medial lengan bawah dan ukurannya lebih panjang dari tulang pengumpil.

Berikut adalah fungsi tulang hasta antara lain :

  1. Sebagai penunjang kerangka tangan manusia
  2. Menyimpan mineral dan dapat menghasilakan sel-sel darah pada sum sum tulang
  3. Membantu pergelangan tangan agar dapat memutar
  4. Menunjang lengan bawah agar bisa bergerak
  5. Membentuk tulang lengan bawah
  6. Membantuk lengan bawah untuk pegerakan
  7. Tempat melekatnnya otot-otot lengan
  8. Berfungsi sebagai penarikan otot
  9. Fleksibelitas sendi siku
  10. Membantu tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia

Sistem pertumbuhan tulang hasta ialah pada anak umur 4 tahun, pertumbuhan tulang dimual dari tengah kepala tulang. Lalu pada umur 10 tahun terjadi pertumbuhan elecranon. Pada umun 16 tahun bagian superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan dibagian bawah terjadi ketika usaia kira-kira 20 tahun.

Baca Juga : Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia

Gambar Tulang Hasta

gambar tulang hasta

Jika terjadi retak pada tulang hasta maka efek yang terjadi ialah akan merasakan sakit pada bagian-bagian jari juga. Dikarenakan banyak otot-otot yang akan tidak aktif jika tulang hasta bermasalah atau retak. Dalam kasus ini tulang hasta sangat amat berpengaruh pada pergerakan hari dan lengan.

Berikut adalah otot-otot yang melekat pada tulang hasta diantaranya ialah :

  • Otot triceps brachii
  • Otot anconeus
  • Otot supinator
  • Otot extensor pollicis longus
  • Otot extensor indicis
  • Otot pronator teres
  • Otot flexor polilicis longus
  • Otot extensor carpi ulnaris
  • Otot abductor pollicis longus
  • Otot brachialis
  • Otot pronator quadratus

Selain banyaknya otot yang melekata pada tulang hasta, tulang ini juga sebagai penyeimbang lengan dan tangan serta jari-jari pada tangan manusia. Tulang hasta juga sebagai pengatur kendali pergerakan jari dan lengan. Jari-jari yang kita lakukan setiap hari merupakan control dari tulang hasta.

Oleh karena itu tulang hasta adalah tulang yang sangat penting, coba jika saja tidak ada tulang hasta maka tangan kita akan mengalami kelumpuhan serta bentuk tangan akan cenderung kecil dan tidak berdaya.

Proses olecranon berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memberikan gerakan yang terkontrol dan stabalisasi pada sendi siku.

Mungkin itu saja yang admin bisa share mengenai penjelasan fungsi tulang hasta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa kunjungi terus Felderfans.com. Terimakasih 🙂

1 thought on “Fungsi Tulang Hasta”

Leave a Comment