Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan adalah tempat menempelnya otot tangan, sebagai alat gerak tangan dan sebagai penghubung antara tulang jari dengan tulang pangkal bagian lengan.

Apa itu Tulang Pergelangan Tangan ?

tulang pergelangan tangan
sumber : www.kenhub.com

Tulang pergelangan tangan adalah tulang yang terletak pada daerah siku dan pergelangan tangan serta memiliki otot-otot untuk dapat menggerakan tangan.

Tulang ini berbentuk bulat dan pendek (tulang carpal), tidak hanya ada pada bagian pergelangan tangan tulang carpal atau tulang pendek ini juga terdapat pada tulang pergelangan kaki dan ruas tulang belakang.

Pergelangan tangan tersebut terdiri dari 8 tulang pendek yang termasuk sebagai jenis tulang keras. Tulang pergelangan tangan ini terbentuk dari sel tulang yang terdapat saluran havers dan berisi pembuluh darah.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

tulang pergelangan tangan manusia
(sumber: learniseasy)

Tulang karpal atau tulang pergelangan tangan memiliki 3 fungsi sebagai berikut :

1. Sebagai Alat Gerak

Tulang pergelangan tangan dapat berfungsi sebagai alat gerak tangan dengan bantuan otot-otot tangan. Tulang ini menyusun pergelangan tangan dan terdapat sendi siku yang menyebabkan pergerakannya menjadi terbatas.

Dan terdapat sendi pelana juga yang menghubungkan antara pergelangan tangan dengan telapak tangan. Pergelangan tangan bergerak kearah vertikal yaitu fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerakan pergelangan tangan yang mengarah ke bawah dan ekstensi adalah pergerakan pergerakan pergelangan tangan ke arah belakang.

2. Tempat Menempelnya Otot-Otot Tangan

Otot merupakan bagian yang paling penting pada tubuh yang membantu pergerakan tangan. Otot yang menempel pada bagian tangan menjadi sensor-sensor gerak sehingga dapat memudahkan kita untuk dapat menggerakan tangan.

Ada dua jenis otot pergelangan tangan yakni otot fleksor dan otot ekstensor. Kedua otot tersebut dibantu oleh sendi kaku dan sendi pelana sehingga dapat menjadikan berbagai gerakan pada tulang pergelangan tangan.

3. Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pangkal

Tulang pergelangan tangan juga digunakan sebagai penghubung jari pada tulang pangkal dengan ujung bawah tulang lengan. Susunan tulang ini yaitu terdiri dari tulang pendek yang berebntuk bulat dan membentuk karpal sehingga dapat menghubungkan tulang jari dengan tulang pangkal.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai fungsi tulang pergelangan tangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Referensi :

 


Featured Image Credit:

Icon diambil dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Categories Edukasi

Leave a Comment