Fungsi Tulang Telapak Tangan

Fungsi tulang telapak tangan ialah untuk menghubungkan antara tulang jari atau disebut phalanges dengan tulang pergelangan tangan. Fungsi lain dari itu yakni memberikan sebuah bentuk pada bagian telapak tangan.

Pada bagaian tulang telapak tangan dikelilingi oleh otot-otot lainnya agar dapat membentuk telapak tangan pada tubuh manusia.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

  1. Menjadi bantuan alat gerak
  2. Memberikan bentuk pada telapak tangan
  3. Menghubungkan tulang-tulang jemari dengan tulang pergelangan tangan
  4. Tempat melekatnya otot-otot
  5. Membuat bentuk buku jari

Struktur Telapak Tangan

fungsi dari tulang telapak tangan

Secara struktur telapak tangan manusia terdari dari beberapa bagian yang keras yaitu tulang dan bagian yang lunak yaitu otot. Tulang pada telapak tangan manusia mempunyai beberapa jenis diantaranya carpal, metacarpal dan tulang phalangs.

1. Carpal

Carpal adalah tulang yang berbentuk seperti bulan dan berjumlah delapan buah, dan bersambungan dengan ujung dari tulang distal serta radius.

2. Metacarpal

Bagian metacarpal ini berada di pergelangan tangan dan berjumlah lima buah.

3. Tulang Phalangs

Tulang Phalangs merupakan tulang jari yang terdapat sendi-sendi peluru didalamnya.

Pada bagian telapak tangan terdapat otot dan beberapa fungsi yang berbeda-beda. Otot yang bekerja pada sekitaran tulang telapak tangan disebut dengan otot intrinsik. Otot ini berpedan untuk memberikan kekuatan pada jari-jari tangan.

Kemampuan yang berkaitan dengan pergerakan tubuh seperti mengepal, menggenggam, mencengkram, mencubit dan gerakan-gerakan lainnya. Kemampuan-kemamputan tersebut merupakan fungsi utama dari fungsi tulang telapak tangan.

Adapula syaraf-syaraf yang berada pada telapak tangan yaitu syaraf nervus medianus dan syaraf nervus ulnaris.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua 🙂

 


Featured Image Credit:

Icon diambil dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

1 thought on “Fungsi Tulang Telapak Tangan”

Leave a Comment