3 Contoh Nama Hewan yang Dilindungi di Indonesia

Hewan laut yang dilindungi – Hewan laut yang dilindungi oleh manusia atau pemerintah dikarenakan akannya ikan yang sering di buru oleh manusia spesies nya sudah hampir punah seperti Paus pembunuh, Lumba-lumba, Bintang laut dan masih banyak ikan yang sudah hampir punah.

Sebenarnya cukup banyak hewan yang dilindungi dan bahkan ada di Indonesia itu sendiri, tetapi kali ini hanya 3 contoh yang bisa saya bagikan ke teman-teman pembaca.

 

Nama Hewan yang Dilindungi

Berikut adalah hewan laut yang dilindungi akan kepunahannya:

  1. Duyung
  2. Lumba-lumba
  3. Paus pembunuh

 

Duyung

Duyung atau yang dikenal dengan sebutan Dugong Sejenis hewan mamalia laut yang merupakan salah satu anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup sampai sekarang. Selain manatee dan mampu mencapai usia 25tahun. Dugong atau duyung bukanlah ikan karena mnyusui anaknnya dan masih merupakan kerabat gajah.

duyung

 

Dugong / duyung merupakan satu-satunya hewan yang mewakili suku dugongidae selain itu ia juga merupakan satu-satunya lembu laut yang dapat ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurang nya di 37negara di wilayah Indo-Pasifik. Walaupun kebanyakaan duyung tinggal dikawasan timur indonesia dan perairan utara seperti Australia.

Makanan hewan duyung ini adalah daun laut, dan semua spesies sapi laut hidup diperairan segar dengan suhu air yang tertentu. Duyung sangat bergantung kepada rumput laut sebagai sumber makanannya, sehingga penyebearan hewan jenis duyung ini terbatas pada kawasan pantai yang ditempatkannya.

Hewan ini membutuhkan kawasan jelajah yang luas di perairan dangkal dan tenang. seperti halnnya di kawasan teluk dan hutan bakkau, moncong dari duyung ini menghadap kebawah yang fungsinya untuk menjamah rumput laut yang tumbuh di dasar laut. Duyung adalah hewan laut yang jenis nya herbivora.

 

Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah hewan mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya yang berbentuk sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari hewan mamalia yang satu ini, salah satu contohnya adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air yang digunakan untuk baju renang.

lumba lumba

Lumba-lumba memiliki sistem yang sering digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan hewan mamalia ini, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian di terapkan dalam pembuatan radar pada kapal selam.

Lumba-lumba adalah binatang menyusul karena lumba-lumba adalah jenis hewan mamalia, mereka hidup di laut seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerabat dari ikan paus dan pesut , ada lebih dari 42 jenis lumba-lumba di dunia ini. bayi lumba-lumba yang baru lahir akan di bawa kepermukaan oleh induknya supaya bisa menghirup udara.

Sumber: masjawa.com

Dikarenakan lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang letaknya di atas kepalanya, tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang di lautan. Induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang rasanya gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat tumbuh besar.

 

Paus pembunuh

Paus pembunuh atau yang bahasa latin nya Orca adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Sebenarnya paus pembunuh tergolong sebagai lumba-lumba, namun karena paus pembunuh berukuran yang cukup besar, banyak yang menyebut nya sebagasi paus. Spesies ini dapat di jumpai di seluruh samudera dari kawasan dingin hingga hangat.

paus pembunuh

Paus pembunuh merupakan predator yang berbahaya di lautan, kebanyakan populasi dari ikan ini memakan ikan yang lain. Sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti Anjing laut, Singa laut dan walrus, hingga paus besar. Bahkan pada 04 Oktober 1997 di lepas pantai California Amerika serikat pun terjadi pembunuhan antara Orca terhadap hiu putih.

Karena peristiwa itu paus pembunuh hidup dengan cara berkelompok, mereka juga sering berburu bersama-sama dengan kawanannya. IUCN menetapkan status konservasi paus pembunuh adalah belum diketahui, dikarenakan beberapa paus pembunuh mempunyai beberapa jenis.

Leave a Comment