Huruf Ikhfa

Huruf Ikhfa – Fasih dalam membaca Al Quran tentu merupakan hal yang didambakan oleh umat muslim. Akan tetapi, hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Agar dapat mencapai tahap tersebut, diperlukan niat untuk belajar tajwid dengan giat.

Banyak sekali tajwid Al Quran yang perlu untuk dipelajari salah satunya adalah ikhfa. Berikut pembahasan mengenai pengertian ikhfa, hukum ikhfa, huruf ikhfa dan contohnya.

Pengertian Ikhfa

Arti dari ikhfa secara harfiah adalah menyamarkan atau menyembunyikan. Sedangkan ikhfa menurut istilah yaitu menyamarkan tanwin atau nun sukun yang bertemu dengan salah satu dari 15 huruf ikhfa.

Saat Anda membaca Al Quran dan menemukan bacaan ikhfa, maka bacaan tersebut wajib dibaca berdengung dan samar. Lima belas huruf ikhfa yaitu:

huruf ikhfa

Hukum Bacaan Ikhfa

Hukum dari bacaan ikhfa terbagi dalam tiga kelompok, yaitu ikhfa aqrab, ikhfa ab’ad, dan ikhfa ausat. Berikut adalah penjelasannya:

  •  Ikhfa aqrab

Ikhfa aqrab atau disebut juga sebagai ikhfa kubra merupakan nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih dekat pengeluaran makhraj-nya dengan makhraj dari huruf nun. Yang termasuk huruf ikhfa aqrab yaitu: ط د ت dan suara yang dihasilkan lebih mendekati bunyi n dengan suara berdengung serta ditahan 2 ketukan.

  • Ikhfa ab’ad

Ikhfa ab’ada juga disebut sebagai ikhfa sugra. Dibaca berdengung dengan ukuran lebih pendek dan mengarah pada bunyi ng. Dikatakan ikhfa sugra jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa yang pengeluaran makhraj-nya lebih jauh dari huruf nun. Yang termasuk huruf ikhfa ab’ad adalah (ك, ق).

  • Ikhfa ausat

Ikhfa ausat atau ikhfa wusta terjadi jika nun sukun atau tanwin bertemu huruf ikhfa yang makhraj-nya tidak dekat maupun tidak jauh dengan huruf nun. Suara yang dihasilkan pun mengarah ke n hingga ng. Yang termasuk huruf ikhfa ausat adalah (ف ظ ض ص ش ز س ذ ج ث).

Contoh Bacaan Ikhfa

Di dalam Al Quran, terdapat banyak sekali bacaan ikhfa. Berikut merupakan sebagian kecil bacaan ikhfa yang terdapat di dalam Al Quran, yaitu:

NoHurufContoh BacaanSurat
1nun sukun bertemu dengan taفَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَندَادًا وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَAl – Baqarah: 22
2nun sukun bertemu dengan tsaالْحُرُّ بِالْحُرِّ وَالْعَبْدُ بِالْعَبْدِ وَالْأُنثَىٰ بِالْأُنثَىٰAl – Baqarah: 178
3(nun sukun bertemu dengan jimوَإِذْ فَرَقْنَا بِكُمُ الْبَحْرَ فَأَنجَيْنَاكُمْAl – Baqarah: 50
4nun sukun bertemu dengan dalا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَندَادًاAl – Baqarah: 22
5nun sukun bertemu dengan dzalأَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَAl – Baqarah: 6
6nun sukun bertemu dengan zaiإِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِAl – Baqarah: 159
7nun sukun bertemu dengan sinأَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنسَوْنَ أَنفُسَكُمْAl – Baqarah: 44
8nun sukun bertemu dengan syinإِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَاAl – Baqarah: 259
9nun sukun bertemu dengan sadوَلَا يُؤْخَذُ مِنْهَا عَدْلٌ وَلَا هُمْ يُنصَرُونَAl – Baqarah: 48
10nun sukun bertemu dengan dhadوَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ مَّنضُودٍHud: 82
11nun sukun bertemu dengan thaحُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِAli Imran: 14
12nun sukun bertemu dengan zhaوَأَغْرَقْنَا آلَ فِرْعَوْنَ وَأَنتُمْ تَنظُرُونَAl – Baqarah: 50
13nun sukun bertemu dengan faوَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَAl – Baqarah: 3
14nun sukun bertemu dengan qafالَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِن بَعْدِ مِيثَاقِهِAl – Baqarah: 27
15nun sukun bertemu dengan kafوَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍAl – Baqarah: 23

Jika Anda masih belum paham dari penjelasan diatas Anda bisa lihat video berikut untuk lebih jelasnya :

Mempelajari tajwid memang perlu dilakukan sebelum membaca Al Quran lebih jauh. Sebab jika tajwidnya salah, maka otomatis pelafalannya pun juga kurang tepat. Sehingga dapat mengubah makna dari ayat suci yang dibaca itu sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi seorang muslim untuk mempelajari tajwid, terlebih mengamalkan tajwid saat membaca Al Quran hukumnya wajib atau fardu ain.

Baca Juga :

Demikian artikel seputar pengertian huruf ikfha lengkap beserta contoh dan hukum bacaannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment