Kamera Obscura

Loading...

Kamera Obscura Kamera merupakan alat yang memiliki fungsi yang dapat mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar atau foto. Dalam dunia khususnya dunia fotografi kamera merupakan suatu alat yang dapat membentuk suatu bayangan potret pada lembaran  sebuah film.

Apa Itu Kamera Obscura ?

apa itu kamera obscura

Kamera merupakan alat yang paling sering dipakai dalam dunia fotografi. Dan penemuan kamera pertama kalinya yaitu Kamera Obscura. yap kamera ini merupakan cikal bakal dari kamera-kamera yang ada saat ini.

Dalam bahasa latin Obscura artinya ruang gelap. Kamera ini merupakan sebuah benda kotak yang dapat memantulkan cahaya dengan memakai dua lensa konveks, lalu menempatkan gambar objek eksternal pada sebuah film. Penempatan film itu terdapat pada fokus lensa.

Sejarah Kamera Obscura

sejarah kamera obscura

Al-Haitham atau sering disebut Alhazen merupakan seorang muslim yang menemukan awal dari kecanggihan masa kini di dalam dunia fotografi.

Tidak banyak yang mengenal akan penemuannya si muslim Al-Haitam tersebut, dikarenakan teknologi yang saat ini hampir seluruhnya dikuasai oleh orang barat, sehingga banyak sebagian orang menyangka bahwa kamera pertama di temukan oleh orang barat.

Konsep dasar dari pembuatan kamera ini telah di cetuskan terlebih dahulu oleh seorang sarjana muslim sekitar 1.000 tahun yang lalu. Seorang saintis legendaris muslim yang bernama Ibnu al-Haitaham beliaulah yang membuat peletak prinsip dari cara kerja kamera.

Al-Haitham mulai dikenal Dunia sebagai perintis di bidang optik yang terkenal lewat bukunya yang bertajuk Kitab al-Manazir (Buku optik). Untuk membuktikan kebenaran dari teori-teori dalam buku nya itu tersebut, sang fisikawan muslim legandaris tersebut lalu menyusun Al-Bayt Al-Muzlim atau lebih dikenal dengan sebutan Kamera Obscura.

Orang- orang barat mulai mempelajari buku tersebut dan mengembangkan Kamera Obscura dengan beberapa hal seperti dilakukan oleh Joseph Kepler (1571 – 1630M). Joseph Kepler mengubah atau mengembangkan sebuah fungsi dari kamera tersebut dengan menggunakan lensa negatif di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar pada objek.

Bentuk Fisik Kamera Obscura

bentuk kamera obscura

Sebagian dari kalian mungkin asing mendengar sebuah kamera yang bernama Kamera Obscura. Namanya boleh keren tapi keyataanya kamera ini merupakan kamera jadul. Kamera ini merupakan cikal bakal dari kamera yang biasa kita gunakan buat foto-foto. Mungkin bisa dibilang juga ini nenek moyangnya kamera.

Kamera obscura ini memiliki fisik berbentuk kotak. Dan kamera ini belum dilengkapi dengan film untuk menangkap sebuah objek atau bayangan seperti kamera-kamera yang ada pada saat ini. Kamera ini dapat melihat gambar dari objek dalam depan pada layar di belakang kamera.

Kamera ini terdiri dari sebuah kotak khusus atau ruangan dengan lubang di salah satu sisi nya. Cahaya yang di dapat dari luar objek akan melewati lubang di dalam kotak (ruang gelap) dan akan menghasilkan bayangan yang terbalik, namun warna yang dihasilkan sesuai dengan warna asli objeknya.

Itulah penjelasan mengenai sejarah dan pengertian kamera obscura semoga artikel ini bermanfaat.

 

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Kamera_obscura

 


Felderfans.com

X CLOSE
Advertisements
Advertisements
X CLOSE

Leave a Comment