Zaflan Selalu belajar untuk bermanfaat dengan berbagi manfaat.

Laptop Langsung Masuk BIOS

laptop langsung masuk bios

Pada saat kita ingin menggunakan laptop pastinya hal pertama yang harus dilakukan ialah menyalakan laptop tersebut. Dan ketika menghidupkan laptop akan terdapat sebuah proses yang dinamakan booting.

Nah, mungkin teman-teman pernah menemukan permasalahan dimana pada saat laptop dinyalakan tidak bisa booting, namun laptop malah langsung masuk ke BIOS.

Jadi sebenarnya apa sih penyebab laptop langsung masuk ke BIOS ? beberapa penyebab laptop yang langsung masuk ke BIOS diantaranya sebagai berikut :

  • Masalah pada Hardware: Ada beberapa hardware yang berhubungan dengan BIOS yaitu baterai CMOS. Bisa jadi baterai CMOS sudah rusak.
  • Keyboard Rusak: keyboard yang rusak bisa menyebabkan laptop langsung masuk ke BIOS.
  • Salah Setting: dalam sistem BIOS ada beberapa pilihan booting. Bisa jadi Anda ada salah setting atau tidak sengaja mengubah pengaturan di BIOS.

Cara Memperbaiki Laptop Langsung Masuk BIOS

cara mengatasi laptop langsung masuk bios
source : lifewire.com

Oke kali ini saya akan memberikan cara paling mudah untuk mengatasi permasalahan ini. Sebenarnya banyak langkah atau cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun ini saya hanya akan memberikan cara yang saya tahu saja. Berikut langkah-langkahnya :

1. Cek Keyboard Laptop

cara mengatasi laptop langsung masuk bios keyboard rusak
source : pixabay.com

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengecek bagian keyboard laptop apakah masih berfungsi normal atau tidak. Silakan anda coba cek dengan cara melepas konektor pada keyboard.

Untuk melepasnya anda bisa mencungkil bagian pengunci yang ada di keyboard. Setelah keyboard sudah dilepas dengan konektornya, silakan anda coba nyalakan lagi laptop anda. Jika bisa berarti permasalahan nya ada pada keyboard Anda.

2. Reset Baterai CMOS

cara memperbaiki laptop langsung masuk bios
source : pixabay.com

Cara selanjutnya ialah dengan mereset baterai CMOS pada laptop. Cara ini sangat mudah kita tinggal mencabut baterai laptop dan CMOS akan otomatis ke reset. Setelah itu coba Anda hidupkan kembali laptopnya.

Jika tidak berhasil atau laptop masih masuk ke BIOS, kemungkinan baterai CMOS Anda sudah habis. Jadi Anda harus mengganti baterai CMOS dengan yang baru.

3. Setting BIOS Default

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan setting BIOS. Karena bisa saja Anda ada salah setting ataupun tidak sengaja merubah pengaturan yang ada di BIOS. Maka dari itu silakan ubah setingan BIOS menjadi default.

Caranya ialah Anda masuk dahulu ke BIOS laptop Anda. Lalu masuk ke tab Exit dan pilih Load Setup Defaults dan simpan pengaturan BIS dengan menekan (Save and Exit). Maka secara otomatis laptop akan melakukan booting ke Windows seperti biasanya.

4. Mengganti Sistem Operasi

Cara terakhir ialah dengan mengganti sistem operasi. Langkah ini berlaku jika Anda baru saja menginstal ulang laptop anda dengan OS lain. Bisa jadi penyebab laptop  langsung masuk BIOS terjadi karena menginstal ulang windows yang tidak cocok dengan perangkat laptop Anda.

Maka dari itu sebelum melakukan instal ulang Windows pastikan dahulu apakah OS tersebut sesuai dengan laptop Anda. Misal tipe laptop anda 64bit namun Anda menginstal ulang dengan windows yang 32 bit maka akan menyebabkan ketidakcocokan antara sistem operasi dan laptop Anda.

Oke, mungkin itu saja beberapa cara mengatasi laptop yang langsung masuk ke BIOS.  Berdasarkan pengalaman saya biasannya masalah ini sangat sering terjadi yang disebabkan oleh keyboard yang rusak.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/BIOS

 


Felderfans.com

 

Artikel Lainnya :

Zaflan Selalu belajar untuk bermanfaat dengan berbagi manfaat.

Jaringan Peer to Peer

Zaflan
1 min read

Suara Speaker Laptop Pecah

Zaflan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *