Organisasi Sosial

Pada saat ini organisasi sosial sudah menjadi unsur yang cukup penting khususnya di Indonesia. Tapi apakah kalian tahu apa itu organisasi sosial ? Seperti apa ciri-ciri dan fungsinya ?

Oke, langsung aja kita masuk ke pembahasan lengkapnya berikut ini !

Pengertian Organisasi Sosial

pengertian organisasi sosial

Organisasi sosial adalah sebuah konsep dasar dalam suatu bidang studi ilmu sosial atau terminologi organisasi yang kerap kali digunakan untuk konteks yang bermacam-macam. Organisasi sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kelompok, sekumpulan atau komunitas.

Mulai dari organisasi pelajar, mahasiswa, politik hingga sebuah negara juga bisa disebut sebagai sebuah organisasi. Terminologi ini juga bisa dikatakan cukup luwes yang ditempatkan dalam berbagai konteks.

Dari penjabaran diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa yang disebut dengan organisasi sosial terdiri dari kumpulan-kumpulan individu sebagai anggota dan terdapat pula proses pengaturan yang bisa membuat prilaku atau tindakan para anggota menjadi teroganisir.

Kata ‘sosial’ sendiri yang ada di belakang kata ‘organisasi’ merupakan sebuah isyarat keterlibatan banyak personal sebagai anggota, dan didalamnya mereka dapat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Organisasi Sosial Menurut Para Ahli

Menurut para ahli yaitu Ogburn dan Nimkoff menjelaskan bahwa organisasi sosial sebagai komponen-komponen yang berbeda dalam menjalankan fungsinya. Dan didalamnya terdapat grup aktif yang digunakan sebagai tempat menyelesaikan persoalan tertentu. M Johnson juga mengartikan organisasi sosial sebagai aspek dari sistem interaksi sosial.

Menurut Elliot dan Merril,

Organisasi merupakan semacam kondisi dimana beberapa institusi sosial yang berfungsi menurut tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Menurut Stephen Hunt

Organisasi merupakan aktifitas sosial yang dapat melibatkan kontrol dari relasi sosial.

Unsur Organisasi Sosial

unsur organisasi sosial

  • Kelompok Individu, dengan adanya individu yakni sebagai anggota kelompok dalam sebuah organisasi sosial.
  • Lembaga Sosial, terdiri dari aspek-aspek kehidupan sosial yang mengalami institusionalisasi, aspek tersebut harus mempunyai tujuan dan rumusan dalam organisasi sosial.
  • Peran Sosial, peran ini dimainkan oleh para anggota organisasui, dan yang pasti sesuai dengan posisi si anggota dalam struktur organisasi.
  • Kelas Sosial, adanya klasifikasi atas kelompok dan individu didalam sebuah organisasi secara hiraki.
  • Tujuan Organisasi, yaitu tujuan dari kelompok individual dalam sebuah organisasi. Tujuan inilah yang akan diraih oleh para individu-individu tersebut melalui pembagian kerja sama.

Ciri-ciri Organisasi Sosial

ciri ciri organisasi sosial

  • Memiliki rumusan batas operasional yang jelas agar tercapainya tujuan secara bersama serta memenuh aspirasi dari para anggotanya.
  • Memiliki identitas yang jelas agar dapat diakui oleh banyak masyarakat.
  • Memiliki keanggotaan serta status formal terdapat pembagian peran dan tugas yang jelas serta terstruktur.
  • Memiliki nilai dan norma di masyarakat, termasuk juga nilai sosial.
  • Terdapat sifat formalitas, yakni memiliki perumusan tertulis terhadap peraturan dan ketetapan dan lain sebagainya.
  • Memiliki sifat hirarki, organisasi juga harus mempunya pola kekuasaan serta kewenangan seperti sebuah piramida.
  • Terdapat tujuan dan kepentingan yang akan dicapai demi kepentingan masyarakat dan tidak mementingkan untung dan rugi.

Fungsi Organisasi Sosial

fungsi organisasi sosial

1. Sebagai Pedoman

Fungsi yang pertama ialah sebagai pedoman bagi para anggitanya yaitu masyarakat yang terdapat dalam organisasi tersebut.

Terbentuk dari adanya sebuah jaringan tingkah laku manusia dan hubungan antar manusia dalam lingkungan masyarakat tersebut.

Hal ini ditegaskan bahwa organisasi memiliki fungsi yang dapat memberikan sebuah pedoman bagi para masyaraka guna untuk para anggotanya terkait pola dan tingkah laku serta sikap yang baik dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

2. Menjaga Keutuhan Masyarakat

Organisasi juga bisa memiliki fungsi dalam mempertahankan serta menjaga keutuhan masyarakat. Berjalan dengan keinginan dari para anggota dalam mengembangkan dan memajukan masyarakat pada suatu daerah.

Tujugan serta fungsi ini bisa dicapai jika memiliki pembentukan program sosialisasi kepada masyarakat. contohnya gotong royong dan lain-lain.

Kondisi ini juga dimaksudkan agar tidak terjadinya keutuhan masyarakat yang iyu.

3. Pedoman Masyarakat

Organisai juga bisa difungsikan sebagai pedoman bagi para anggotanya yaitu masyarakat sekitar. Hal ini berlaku untuk mengawasi sikap dan tingkah laku dari para anggota masyarakat, dan jika nanti ada yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dalam masyarakat.

Contoh Organisasi Sosial

contoh organisasi sosial

1. Partai Politik

Kalian pasti sudah tahu partai politik, yaa partai politik merupakan sebuah organisasi yang berfokus pada  perumusan kebijakan publik dan dari perumusan itulah akan muncuk dampak besar bagi setiap masyarakat.

Didunia ini banyak sekali partai-partai politik khususnya di Indonesia yang memiliki puluhan partai yang turut ikut menjadi peserta kontestasi politik dalam negeri.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan salah satu bentuk dari adanya organisasi sosial. Lembagai ini bersifat lembaga yang pro pada rakyat yang didirikan dari berbagai unsur masyarakat dalam mencapai suatu segala dan tujuannya.

Fungsi dari LSM ini yaitu dapat mengatasi beragam masalah sosial yang menimpa masyarakat, dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan sosial yang ada. Hingga saat ini terdapat lebih dari puluhan ribu LSM yang ada di Indonesia.

3. Organisasi Masyarakat

Ormas atau organisasi masyarakat ini sangat lekat dengan kegiatan seperti sweeping, tapi tidak semua ormas didirikan untuk melakukan hal tersebut. Tidak sedikit juga organisasi masyarakat melanggar aksi sosial. Salah satunya yaitu dengan melakukan penggalangan donor darah.

Hal tersebut bermula dari adanya kesadaran dari para sekelompok masyarakat untuk berkumpul dan membentuk visi serta tujuan bersama.

 


Felderfans.com

Artikel Lainnya :

Leave a Comment