Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Pendekatan Geografi Beserta Contohnya

pendekatan geografi

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan fenomena geosfer yang terjadi di permukaan bumi. Menurut para ahli, geografi berkaitan erat dengan kehidupan manusia dan alam sekitarnya serta interaksi yang menyertainya.

Dalam pembelajaran geografi terdapat metode khusus yang digunakan yaitu pendekatan geografi yang akan diulas sebagai berikut.

Pengertian Pendekatan Geografi

pengertian dan pendekatan geografi

Pendekatan geografi adalah langkah dan metode khusus dalam menganalisa dan memahami berbagai macam gejala dan fenomena geosfer, terutama pada interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Terdapat tiga pendekatan yaitu :

  • Pendekatan Keruangan (Spasial)
  • Pendekatan Lingkungan (Ekologi)
  • Pendekatan Kompleks Wilayah (Regional)

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pendekatan geografi beserta contohnya :

Contoh Pendekatan Geografi

contoh pendekatan geografi

1. Pendekatan Spasial

  • Sebidang tanah dapat memiliki harga yang tinggi karena berada di tempat yang strategis dan tanahnya subur. Dalam hal ini, peneliti menilai tanah berdasarkan nilai ruangnya yang strategi dan produktivitas jika untuk pertanian.
  • Pada perencanaan pembukaan lahan untuk area pemukiman akan dikaji segala aspek mengenai wilayah yang akan digunakan misalnya morfologi tanah yang berkaitan dengan longsor, banjir, air tanah, dan keadaan fisik lain dari lokasi tersebut.

2. Pendekatan Ekologi

  • Fenomena banjir yang terjadi pada suatu daerah akan melalui tahapan pendekatan ekologi untuk menemukan solusi. Yang pertama adalah identifikasi kondisi fisik, untuk menganalisa kondisi fisik lingkungan yang mendorong terjadinya banjir seperti jenis tanah, curah hujan, topografi, dan kondisi bangunan di area terdampak banjir.
  • Yang kedua adalah identifikasi sikap dan perilaku masyarakat dalam mengelola lingkungan yang terkena banjir. Misalnya kebiasaan membuang sampah, penggundulan hutan, pola pemukiman yang dibangun dan alih fungsi lahan pertanian. Yang terakhir adalah analisa interaksi ekologi yang bertujuan untuk memperoleh alternatif pemecahan masalah.

3. Pendekatan Regional

  • Dalam membangun rumah atau perumahan karakteristik wilayah akan sangat diperhatikan. Misal akan membangun rumah di pesisir pantai atau daerah rawan banjir, maka harus meninggikan fondasi untuk mengantisipasi pasang air laut atau terjadinya banjir.

Baca Juga : 

Ketiga pendekatan yang telah dijelaskan di atas merupakan suatu kesatuan utuh yang saling berkaitan. Suatu gejala, masalah, dan fenomena geosfer yang ditinjau dari penyebaran ruangnya secara otomatis akan terkait dengan berbagai aspek ekologi dan wilayahnya yang kompleks.

Sehingga dengan menggunakan tiga pendekatan geografi tersebut akan diperoleh alternatif masalah yang diteliti.

Sumber : Erlangga Fokus UN 2018 SMA/MA IPS
Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Pengertian Geografi

Zaflan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *