Pengertian Data

pengertian data

Pengertian data adalah sekumpulan keterangan atau fakta berupa angka, simbol, kata-kata atau citra, yang didapatkan dari proses pengamatan ke berbagai sumber tertentu.

Definisi lain dari data adalah sebuah kumpulan keterangan atau deskripsi dasar dari suatu hal yang diperoleh dari hasil observasi (pengamatan) dan dapat diolah menjadi bentuk yang kompleks seperti : informasi, database atau solusi-solusi untuk hal tertentu.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

pengertian data menurut parah ahli

Agar kalian lebih memahami apa itu data, berikut beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian data :

Arikunto Suharsimi

Menurut Beliau pengertian data adalah semua fakta dan angka yang di dapatkan dan dijadikan bahan untuk menyusun informasi.

Nuzulla Agustina

Menurut Beliau definisi dari data ialah sebuah keterangan mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi yang berupa fakta, angka, lambang, kata dan grafik tabel yang menyatakan sesuatu pemikiran objek.

Kuswadi dan E.Mutiara

Menurut Beliau data adalah sekumpulan keterangan yang didaptkan dari suatu pengamatan yang berupa simbol, angka ataupun sifat.

Pengertian Data Lainnya

pengertian data lainnya

Agar bisa menerjemahkan data menjadi informasi, harus ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. faktor-faktor yang diperlukan diperolah dari pengumpulan data dan informasi-informasi yang ada.

Pengertian Data dan Informasi

Data : Data belum memiliki makna dan bentuk data dapat berupa rincian, pengamatan (wawancara atau observasi), fakta.

Informasi: Informasi sudah memiliki makna dan informasi juga merupakan data yang sudah mengalami pengolahan dengan metode dan teknik.

Pengertian Data Roaming

Data roaming adalah data yang mengacu pada sambung telepon ke internet melalui penyedia lain, misal jika Kalian memiliki sebuah smartphone yang memiliki akses ke browsing dan aplikasi hp. Hal tersebut terjadi ketika Kalian tidak lagi dalam wilayah yang dicakup oleh jaringan smartphone anda.

Pengertian Data Cache

Data Cache adalah sebuah proses penyimpanan data sementara atau halaman HTML dan gambar pada sebuah website agar dapat mengurangi penggunaan bandwith dan loading server.

Pengertian Data Rollover

Data Rollover adalah sisa kuota utama yang pengguna miliki dan dapat di akumulasikan pada saat pelanggan tersebut melakukan perpanjangan masa aktif atau paket internet yang sama dengan kuota yang lebih besar.

Pengertian Data Mining

Data mining adalah sebuah proses penambangan informasi penting dari suatu data. Informasi penting ini bisa didapat dengan proses yang cukup rumit yaitu dengan menggunkaan AI (artificial intelegent), ilmu matematika, machine learning dan lain sebagainya.

Teknik-teknik tersebut akan di proses dan diolah untuk mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dari suatu database yang besar.

Baca Juga : Pengertian Routing

Fungsi Data

fungsi data

Bahwasanya data sangat berhubungan dengan berbagai aspek terutama pada kehidupan manusia. Namun, penggunaan istilah data lebih banyak dipakai pada bidang teknologi komputer dan kegiatan laboratorium (penelitian).

Terkait dari definisi data diatas, adapun fungsi data diantaranya :

  • Dapat berfungsi sebagai acuan dalam mengambil sebuah keputusan dalam pemecahan suatu masalah.
  • Data dapat dijadikan sebagai dasar suatu penelitian dan perencanaan.
  • Data dapat berfungsi sebagai acuan dalam implementasi suatu kegiatan.
  • Data juga dapat berfungsi untuk melakukan evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Jenis-jenis Data

jenis data

Jenis data dapat bagi dalam beberapa hal yaitu berdasarkan sumbernya , cara memperoleh, sifatnya dan waktu pengumpulannya. Berikut penjelasan lengkapnya :

Berdasarkan Cara Memperolehnya

Data Primer : merupakan data asli yang dikumpulkan langsung dari orang yang melakukan penelitian.

Data Sekunder : merupakan data tersedia yang digabung dan dikumpulakn dari berbagai sumber yang sudah ada. Misal dari perpustakaan, dokumen penelitian dan lain-lain.

Berdasarkan Sumbernya

Data Internal : merupakan data yang diperoleh dari internal suatu organisasi. Misalnya: informasi jumlah karywan, jumlah modal, jumlah keuntungan dan lain sebagainya.

Data Eksternal : merupakan data yang didapatkan dari luar organisasi yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari suatu organisasi. Misalnya: informasi tentang pembelian, kebiasaan masyarakat dan lain-lain.

Berdasarkan Sifatnya

Data Kualitatif : merupakan data yang ditanyakan dalam bentuk verbal, gambar atau simbol. Contohnya kuesioner tentang kepuasan pelanggan.

Data Kuantitatif : merupakan suatu data yang ditanyakan dalam bentuk bilangan. Contohnya harga barang, nilai pendapatan dan lain-lain.

Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Data Cross Section : merupakan data yang dikumpulkan pada waktu tertentu saja untuk mengetahui situasi pada waktu tersebut.

Data Berkala : merupakan data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu secara berkala untuk mengetahui perkembangan suatu kejadian. Misalnya : data harga emas hari ini.

Pengertian Routing

Zaflan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *