Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Pengertian Geografi

pengertian geografi

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari mengenai persamaan dan perbedaan ruang di atas permukaan bumi, fenomena fisik, dan manusia yang menghuni bumi. Geografi tidak hanya membahas apa yang ada di permukaan bumi, tetapi juga bagaimana, mengapa, dan kapan hal tersebut terjadi.

Oleh karenanya geografi sangat menarik untuk dipelajari. Untuk itu simak pengertian geografi, konsep dan cabang geografi yang akan di ulas pada artikel ini sebagai berikut.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

pengertian geografi menurut para ahli

  • Claudius Ptolomaeus

Nama Claudius Ptolomaeus sudah tidak asing lagi di dunia, beliau merupakan seorang ilmuwan yang turut berkontribusi dalam memberikan definisi mengenai geografi. Claudius mendefinisikan geografi sebagai suatu penyajian sebagian maupun seluruh permukaan bumi melalui peta sari.

  • Eratosthenes

Menurut Eratosthenes seorang ilmuwan yang hidup pada permulaan tahun Masehi, kata geographica adalah asal mula dari istilah geografi. Sedangkan pengertian geografi menurut beliau adalah penggambaran dan penulisan mengenai bentuk bumi.

  • Friederich Ratzel

Ratzel berpendapat bahwa geografi berhubungan dengan perwilayahan di permukaan bumi. Pendapat ini diberi nama Lebensraum dan tertuang dalam buku ciptaannya yang berjudul Politische Geograhie. Makna dari Lebensraum sendiri ialah wilayah permukaan bumi sebagai sarana untuk berkembang bagi organisme.

  • Daldjoeni

Menurut beliau geografi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mencakup tiga hal pokok yaitu wilayah, ekologi, dan ruang. Wilayah geografi membahas tentang tempat tinggal makhluk hidup yang didasarkan pada kesatuan fisiografisnya.

Dalam hal ekologi, yang dipelajari dalam geografi adalah cara manusia dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Sedangkan dalam hal ruang, yang dipelajari dalam geografi adalah persebaran gejala alami maupun manusiawi di permukaan bumi.

Konsep Geografi

  •  Mobilitas

Mobilitas atau movement merupakan pergerakan dari manusia, barang, jasa atau ide dari satu tempat ke tempat yang lain. Konsep mobilitas ini mencakup arah, jarak, dan waktu.

  • Wilayah

Wilayah atau region merupakan salah satu bagian dari permukaan bumi yang memiliki karakteristik berbeda-beda antar wilayah yang ada.

  • Lokasi

Location adalah kedudukan dari suatu objek yang ada di permukaan bumi dan terdiri dari dua jenis. Pertama adalah lokasi absolut yang berupa garis bujur dan garis lintang. Yang kedua adalah lokasi relatif yang berupa kedudukan dari objek.

  • Interaksi

Merupakan hubungan timbal balik antar manusia atau manusia dengan lingkungannya. Interaksi dapat berupa adaptasi, modifikasi, atau hal lain yang berkaitan dengan lingkungan.

  • Tempat

Konsep ini menunjukkan keunikan dari lokasi yang terbentuk dari physical landscape, human landscape, atau kombinasi keduanya.

Cabang-cabang Geografi

  • Geografi fisik

Landscape permukaan bumi adalah pokok utama yang dipelajari pada cabang ini. Landscape terbentuk dari interdependensi dan interaksi bentuk lahan. Geografi fisik dibagi lagi dalam beberapa cabang ilmu yang lebih spesifik yaitu meteorologi dan klimatologi, hidrografi, hidrologi, geologi, biologi, ilmu tanah, geomorfologi, biogeografi, dan lain-lain.

  • Geografi teknik

Dalam cabang ini, dipelajari cara menyajikan dan menganalisis data geografis. Data tersebut disajikan dalam bentuk diagram, foto udara, peta dan citra hasil penginderaan jauh. Geografi teknik juga dibagi dalam beberapa cabang ilmu yang lebih spesifik antara lain kartografi, SIG (Sistem Informasi Geografis), dan penginderaan jauh.

  • Geografi manusia

Cabang yang terakhir adalah geografi manusia, yang mempelajari mengenai manusia dalam ruang termasuk aktivitas ekonomi, sosial budaya, dinamika penduduk, politik dan lain-lain. Sama seperti kedua cabang geografi lainnya, geografi manusia juga dibagi dalam beberapa kelompok antara lain geografi ekonomi, geografi politik, demografi, geografi penduduk dan lain-lain.

Baca Juga :

Pada hakikatnya, geografi mengkaji hasil observasi mengenai ruang, fenomena, dan masalah kehidupan manusia yang terjadi di bumi. Mencakup apa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana fenomena tersebut terjadi serta siapa yang mengalami.

 

Sumber :

Daldjoeni, 1982, Pengantar Geografi, Bandung, Penerbit Alumni.

Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *