Pengertian Hukum Gauss

Pengertian Hukum Gauss – Halo sahabat semua semoga kalian sehat selalu. Pada kesempatan kali ini admin ingin mengulas materi tentang hukum gauss yang meliputi pengertian, bunyi, rumus, fluks dan contoh soal.

Oke langsung aja kita masuk ke pembahasan berikut ini :

Daftar isi

Pengertian Hukum Gauss

Dalam pembelajaran fisika, hukum gauss merupakan hukum yang berhubungan dengan distribusi suatu muatan listrik dengan medan listrik yang akan dihasilkan.

Hukum ini merupakan hukum yang dicetuskan oleh ilmuwan yang bernama Carl Friedrich Gauss. Hukum gauss sendiri termasuk dalam salah satu persamaan Maxwell. Hukum gauss ini dapat juga dipakai untuk menurunkan Hukum Coloumb

Hukum gauss ini berkaitan dengan flusk listrik. Sebelum membahas lebih detail tentang hukum gauss berikut adalah penjelasan mengenai fluks listrik agar kalian bisa lebih memahami mengenai hukum gauss.

Fluks listrik adalah hasil kali antara gaya listrik dan luas bidang yang dilewati oleh luas bidang. Bingung ? oke saya jelaskan.

Bila terdapat garis-garis gaya dari suatu medan listik yang homogen menembus suatu bidang, seluas A maka fluks listrik (Φ)  yang melewati bidang tersebut bergantung pada kuatnya medan listrik, luas bidang yang yang ditembus serta sudut jatuhnya. Maka akan terdapat dua kemungkinan yakni gaya akan jatuh secara tegak lurus atau gaya tersebut akan jatuh tidak tegak lurus.

Bila gaya tersebut jatuh secara tegak lurus, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:

hukum gauss tegak lurus

 

Φ = E. A

Namun Bila gaya tersebut jatuh tidak tegak lurus, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:

hukum gauss tidak tegak lurus

Φ = E. A. cos θ

Keterangan:
Φ = Fluks listrik (Wb).
E = Kuat medan listrik (N/C).
A = Luas bidang yang ditembus oleh medan listrik (m2).
θ = sudut di antara garis bidang normal dengan gaya yang datang.

Bunyi Hukum Gauss

“Jumlah garis gaya dari medan listrik yang menembus ke suatu permukaan tertutup akan berbanding lurus dengan jumlah muatan listrik yang dilingkupi oleh permukaan tertutup”

Jadi hukum Gauss dapat dinyatakan dengan rumus berikut :

Φ = E. A. cos θ = Q/εo

Keterangan:
Q = muatan yang dilingkupi oleh permukaan tertutup
ε 0 = permitivitas udara

Contoh Soal

Bila terdapat sebuah persegi dengan panjang sisi yaitu 20cm, dan sebuah medan listrik homogen sebesar 200 N/C ditembakkan ke arahnya dengan arah tegak lurus ke bidang persegitu tersebut. Berapakah jumlah garis medan listrik yang dapat menembus bidang persegi tersebut ?

Jawaban
Luas Persegi = 20cm x 20cm = 400 cm2 = 4 x 10-2 m2
Jumlah Garis yang menembus bidang
Φ = E. A
Φ = 200. 4 x 10-2 m
Φ = 8 weber

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai pengertian hukum gauss. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

 

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Gauss

 


Felderfans.com

 

Artikel Lainnya :

Leave a Comment