Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Agar tubuh kita sehat dan asupan gizi terpenuhi maka diperlukan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kalimat ini. Apa aja sih makanan 4 sehat 5 sempurna itu ? oke kali ini admin akan jelaskan mengenai apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna agar kalian dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung dari 4 sumber nutrisi yakni makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur serta buah-buahan dan disempurnakan dengan susu. Sehingga jika dilihat dari kandungannya makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak tak jenuh.

Makanan Pokok

makanan pokok

Makanan pokok adalah makanan utama yang banyak mengandung karbohidrat untuk tubuh. Karbohidrat ini berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh manusia untuk melakukan akfititas. Untuk makanan pokok sendiri berbeda-beda di setiap daerah. Orang barat memilih gandum sebagai makanan pokoknya sedangkan orang asia memilih makanan pokoknya yaitu nasi.

Berikut adalah makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna :

  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Gandum

Lauk Pauk

lauk pauk

Lauk pauk identik sebagai makanan sumber protein. Protein yang ada pada lauk pauk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.

Makanan lauk pauk identik sebagai makanan yang kaya akan sumber protein. Protein yang ada di lauk pauk berfungsi untuk memenuhi kebutuhuan zat pembangun pada tubuh. Contoh nya seperti :

  • Daging : Ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek
  • Telur
  • Tahu tempe

Sayur Mayur

sayur mayur

Sayur mayur merupakan salah satu makanan sumber vitamin dan mineral. Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.

Sayur merupakan salah satu sumber vitamin dan sumber mineral. Sayur mayur pada makanan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh. Contoh nya seperti :

  • Kangkung, Sawi, lobak, kacang panjang, tomat, bayam, brokoli
  • Kol, daun ubi, wortel, dan sebagainya

Buah-buahan

buah buahan

Buah serupa dengan sayur mayur, yaitu merupakan makanan sumber vitamin dan mineral. Buah-buahan pada makanan juga memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, pepaya, pisang, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Yudisium dan Wisuda

Buah-buahan ini sama dengan sayur mayur yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Buah-buhan pada makanan juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh nya seperti :

  • Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat

Susu

susu

Susu berasal dari sumber protein hewani yang berfungsi sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi pada tubuh manusia. Selain susu dari protein hewani, ada juga susu dari protein nabati yakni susu kedelai. Jika kalian memiliki kelebihan berat badan, dapat mengkonsumsi susu rendah lemak (lowfat).

Susu segar sangat kaya akan nutrisi diantaranya ialah protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, fosfor dan niacin. Susu fungsinya adalah makanan pelengkap pada menu 4 sehat 5 sempurna. Karena hanya sebagai pelengkap maka tidak ada kewajiban dan keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya.

Demikian artikel mengenai pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna serta contoh makananya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih 🙂

Leave a Comment