Pengertian Modem

Pengertian Modem – Pada saat ini perkembangan teknologi semakin canggih terutama teknologi internet. Dimana sekarang ini intertnet sudah memiliki jangakauan yang sangat luas bahkan bisa diakses ke seluruh dunia.

Seiring perkembangan internet yang semakian luas, pasti dibutuhkan alat penyedia sinyal internet seperti modem. Tapi apakah kalian sudah mengenal apa itu modem? dan seperti apa penggunaannya ?

Ingin tahu jawabannya, yuk simak artikel dibawah ini.

Pengertian Modem

apa itu modem
sumber : pixabay.com

Modem singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Modulator ialah bagian yang befungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal yang siap dikirimkan, sedangkan Demodulator ialah bagian yag memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang akan diterima.

Jadi bisa disimpulkan bahwa modem merupakan jenis alat komunikasi dua arah.

Fungsi Modem

fungsi modem
sumber : pixabay.com

Fungsi modem yaitu sebagai alat atau perangkat keras yang berguna untuk mengubah komunikasi dua arah dengan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

Tidak hanya itu fungsi modem lainnya ialah :

  • Sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Sebagai penghubung perangkat dalam jaringan
  • Berfungsi untuk modulasi dan demodulasi
  • Berfungsi untuk pemeriksaan paket data dan komunikasi 2 arah
  • Berfungsi untuk mengkompres data yang dikirimkan melalui sinyal

Jenis-jenis Modem

jenis modem

Modem dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan jaringan dan pemasanganannya. Adapun jenis modem diantaranya ialah :

1. Modem Eksternal

Modem eksternal yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer agar bisa mengakses internet, dimana data yang berasal dari komputer dengan sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.

Sehingga jika modem mendapatkan data yang serupa sinyal analog akan mengubahnyamenjadi sinyal digital lalu akan di proses lebih lanjut oleh mesin komputer. Sinyal analog tersebut bisa dikirimkan menggunakan alat telekomunikasi seperti radio dan telepon.

2. Modem Internal

Jika data tadi sudah sampai di modem yang dituju maka kemudian sinyal analog tersebut akan diubah kembali menjadi sinyal digital dan langsung dikirimkan kembali ke komputer.

3. Modem ISDN

Modem ISDN ( Integrated Services Digital Network ) yaitu sebuah sistem telekomunikasi yang terdapat pada sebuah layanan berupa suara, data, gambar dan kemudian akan diintegrasikan kedalam jaringan, dimana jaringan tersebut menyediakan sebuah konektivitas digital.

4. Modem GSM

Modem GSM merupakan modem yang menggunakan sebuah alat yakni telepon selular sebagai media sistemnya untuk mentransfer data.

5. Modem Analog

Modem analog ini berfungsi sebagai alat untuk membentuk sinyal analog yang kemudian diubah menjadi sinyal digital.

6. Modem ADSL

Asymetric Digital Subscribe Line (ADSL) merupakan modem yang bisa mengakses secara berbarengan antara internet dan telepon analog. Dimana cara penggunaan artikel modem ini dibantu dengan alat penghubung yaitu splitter.

Fungsi splitter pada modem ADSL yaitu untuk menghilangkan gangguan agar hasilnya bisa digunakan secara bersamaan.

7. Modem Kabel

Modem kabel ini sering kali kita temui dimana-mana, jenis modem ini biasa digunanakan untuk menerima data secara langsung dari suatu penyedia layanan TV kabel.

8. Wireless Modem

Wireless atau sering disebut dengan nirkabel merupakan teknologi penghubung dua piranti untuk saling bertukar data tanpa media kabel.

9. Modem CDMA

Modem CDMA merupakan jenis modem yang menggunakan sebuah frekuensi CDMA. Hingga saat ini modem CDMA sudah menggunakan frekuensi EVDO atau setara dengan 3G.

Demikian artikel mengenai Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis Modem pada jaringan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Modem

Artikel Lainnya :

2 thoughts on “Pengertian Modem”

Leave a Comment