Pengertian Teks Laporan Percobaan

Pengertian Teks Laporan Percobaan – Tujuan dilakukannya sebuah percobaan ialah agar memahami suatu materi dengan cara melakukan eksperimen. Eksperimen tersebut dilakukan dengan cara mengamati agar mengenali bagaimana hubungan antara sebab dan akibat diantara gejala-gejala yang ada.

Ketika selesai melakukan sebuah percobaan tersebut maka harus adanya laporan dalam bentuk teks. maka itu munculah sebuah laporan yang disebut dengan teks laporan percobaan.

Baca Juga : Pengertian Yudisium dan Wisuda Dalam Peguruan Tinggi

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan ialah teks yang berisikan suatu paparan atau penjelasan mengenai tujuan proses dan hasil dari percobaan yang dilakukan. teks laporan percobaan adalah teks yang mencatat dan menceritakan sebuah percobaan yang dilakukan oleh seorang peneliti.

Biasanya teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil eksperimen, karya ilmiah dan laporan praktikum. Tujuan dari dibuatkan teks laporan percobaan ini adalah agar memberikan informasi kepada setiap pembaca mengenai hasil percobaanya yang sudah dilakukan. Teks laporan percobaan tersebut juga bersifat umum dan universal.

Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

  • Untuk melaporkan hasil sebuah percobaan
  • Percobaan ilmiah dengan melakukan pengujian suatu hal
  • Dimulai dengan menjabarkan tujuan dari percobaan tersebut.
  • Menjelaskan bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan percobaan
  • Menjelaskan prosedur dalam melakukan percobaan dalam melakukan sebuah pengamatan
  • Memaparkan setiap pencatatan dari hasil eksperiman dan percobaan tersebut
  • Melaporkan kesimpulan dari hasil percobaan, berdasarkan hasil penelitian dari setiap data hasil pengamatan

Ciri-ciri Bahasa Teks Laporan Percobaan

  • Memakai kalimat perintah
  • Memakai kata-kata penghubung yang menyatak sebuah urutan
  • Memakai kata-kata kongkret terkait dengan nama alat dan bahan
  • Memakai kata-kata bilangan tentu atau tak tentu serta kata-kata yang menyatakan suatu ukuran

Struktur Isi Teks Laporan Percobaan

  • Judul
  • Tujuan
  • Bahan dan alat
  • Langkah-langkah kegiatan
  • Hasil percobaan
  • Kesimpulan

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

1. Judul Percobaan

Tuliskan judul dari sebuah percobaan yang telah dilakukan. dan diawali dengan huruf kapital di tiap awal kata, dengan letak di tengah baris.

2. Tujuan Percobaan

Tuliskan tujuan percobaan yang telah dilakukan. Ada berapa tujuannya, tuliskan semua.

3. Kajian Teori

Tuliskan landasan teori apa saja yang mendasari percobaan yang dilakukan, dengan mencari sumber pelajaran atau buku-buku pelajaran atau bisa juga cari di internet. Teori yang dibuat disusun dengan logis, hirarkis dan sesuai dengan keruntutan ilmu. Setelah mengkaji teori, lalu susunlah hipotesis berdasarkan hasil dari kajian teori dan sesuaikan dengan tujuan percobaan.

4. Alat dan Bahan

Tuliskan alat dan bahan apa saja yang memang benar digunakan ketika percobaan. Bahan yang memang benar digunakan dituliskan sesuai dengan apa yang digunakan pada saat percobaan.

5. Prosedur atau Cara Kerja

Tulis dan sampaikanlah cara kerja dengan kalimat aktif, bukan kalimat suruh. Jangan meniru kata-kata operasional yang ada pada LKS atau buku lainnya. Buatlah kalimat suruh menjadi kalimat aktif sehingga menceritakan apa yang telah dilakukan ketika percobaan.

6. Hasil Pengamatan

Tuliskan hasil pengamatan sesuai dengan apa yang didapatkan ketika percobaan. Data-data yang dapat ditulis secara deskriptif atau dalam bentuk tabel hasil pengamatan. dan lakukan pengamatn dengan baik saat melakukan percobaan sehingga bisa menghasilkan data yang akurat dan reliable.

7. Analisi Data dan Pembahasan

Pada saat melakukan analisis data harus memerlukan pikiran yang kritis, menerapkan teori yang telah dicata dengan menggabungkan hasil pengamatan. Hasil-hasil tersebut dibahas secara deskriptif atau perhitungan (jika ada).

Dengan menerapkan semua konsep yang serta menggunakan teori dan tinjauan dari berbagai sudut pandang. lalu hasil yang didapat dibahas secarai detail agar memperoleh kesimpulan yang baik dan benar.

Baca Juga : Pengertian Zodiak

8. Kesimpulan dan Saran

Tuliskan kesimpulan dengan ringkas dan terperinci serta tujuan dari percobaan. Apa yang ingin dituju saat percobaan tulis kesimpulannya. Kesimpulan inilah merupakan jawaban dari hipotesis yang telah diajukan.

9. Daftar Pustaka

Jangan lupa tuliskan pustaka dari buku yang telah kamu baca sebagai sumber bacaan. Penulisan daftar pustaka mengikuti pedoman yang telah diberikan yakni nama pengarang, tahun terbit buku, judul buku, penerbit, kota penerbit. Jika mengambil dari internet, tuliskan kapan hal tersebut diakses.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Membuat Tinta Tidak Terlihat

cara membuat teks laporan percobaan

Pada umumnya tinta yang kita gunakan bersifat nyata dan terlihat, contohnya pulpen untuk menulis di kertas. Tapi apakah pernah kalian menemukan tinta yang tidak terlihat ? apakah tinta ini ghaib? hehehe 🙂

Kalian dapat membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang misalnya.

Alat dan Bahan :

  1. Lemon
  2. Air
  3. Sendok
  4. Mangkuk
  5. Cotton Bud
  6. Kertas Putih
  7. Lampu Bohlam

Cara Membuatnya :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah memeras jus lemon ke dalam wadah dan tambahkan beberapa tetes air kedalam wadah tersebut.
  2. Lalu aduk air dan jus lemon tersebut dengan menggunakan sendok.
  3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.
  4. Kemudian tunggu jus lemon tersebut hingga mengering sampai tidak terlihat.
  5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke sebuah cahaya atau bola lampu.

Hasil :

Setelah cara diatas selesai kalian lakukan, kalian telah berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kalian dapat menyampaikan pesan rahasia tersebut kepada teman-teman kalian dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini adalah suatu reaksi kimia.

Kesimpulan :

Jus lemon merupakan senyawa organik yang dapat teroksidasi dan berubah dan warna menjadi kecoklatan ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini dapat membuat tulisan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun dapat mengetahui keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu atau cahaya.

Zat-zat lain yang bisa dapat bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, susu, madu, cuka , jus bawang dan anggur. Tinta tidak terlihat ini juga bisa dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui.

Demikianlah artikel mengenai pengertian teks laporan percobaan, dan dilengkapi dengan struktur, ciri-ciri, cara membuat serta contoh-contoh teks laporan percobaan. Semoga artikel ini bermanfaat dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih 🙂

Leave a Comment