Zaflan Selalu belajar untuk bermanfaat dengan berbagi manfaat.

Pengertian VPN

pengertian VPN
Virtual Private Network – Jika Anda sering menggunakan internet baik itu di HP ataupun di komputer pasti sudah tidak asing dengan kata VPN. Lalu apakah kalian sudah tahu apa arti dan fungsi vpn tersebut ?

Pengertian VPN

apa itu vpn

VPN atau Virtual Private Network adalah teknologi jaringan yang berfungsi untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.

Fungsi adanya VPN ialah untuk menjaga keamanan berkomunikasi dalam pertukaran data dan juga tidak memungkinkan pihak lain untuk dapat masuk ke trafic yang tidak seharusnya.

Cara Kerja VPN

cara kerja vpn

Prinsip kerja VPN pada dasarnya membutuhkan satu buah server yang berfungsi untuk penghubung antar PC. Jika kita analogikan seperti ini.

internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client

Jika digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih secara private dengan jaringan internet maka seperti ini:

Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B

Bisa kita lihat semua koneksi internet diatur oleh VPN server sehingga kita membutuhkan kemampuan VPN server yang bagus agar koneksi internet nya lancar.

Fungsi VPN

fungsi vpn

Virtual private network (VPN) mempuyai tiga fungsi utama yaitu :

1. Confidentially (Kerahasiaan)

Jangan khawatir VPN ini sudah menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data. Dengan adanya metode ini maka keamanan data akan menjadi lebih terjamin. Kenapa metode enkripsi ini ada karena teknologi VPN memanfaatkan jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian data.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)

Pada saat data berselancar di internet, sebenarnya data tersebut sudah banyak melintasi berbagai negara. Pasti banyak berbagai gangguan yang dapat terjadi pada isi data tersebut, bisa saja hilang rusak ataupun dimanipulasi.

Dengan menggunakan VPN Anda tidak perlu khawatir karena VPN dapat menjaga keutuhan data mulai dari data kirim hingga sampai ke tujuan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Teknologi VPN dapat melakukan autentikasi terhadap sumber pengiriman data yang akan diterimanya. Jadi setiap data yang masuk pasti selalu dilakukan pemeriksaan dan mengambil informasi dari sumber datanya dan sumber data tersebut akan disetujui jika proses autentikasinya berhasil.

VPN bisa menjamin semua data yang dikirim dan kita terima berasal dari sumber yang benar dan tidak ada data yang dimanipulasi atau dipalsukan oleh pihak lain.

Baca Juga :

Oke mungkin itu saja artikel mengenai pengertian VPN semoga artikel ini bermanfaat. jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan Anda bisa memberi komentar di bawah ini.

 

Zaflan Selalu belajar untuk bermanfaat dengan berbagi manfaat.

Pengertian Arduino

Zaflan
1 min read

Pengertian Data

Zaflan
2 min read

Pengertian Routing

Zaflan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *