Pengertian Xilem

pengertian xilem

Pengertian Xilem – Hallo sobat, kali ini admin ingin berbagi informasi terkait pengertian xilem dan floem, perbedaan serta unsur-unsurnya. Agar lebih mudah dimengerti simak artikel berikut dengan seksama. Cekidot!

Pengertian Xilem ( Pembuluh Kayu )

Xilem adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan yang berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral dari akar menuju daun. Xilem merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai macam sel. Umumnya jaringan ini terdiri dari sel mati dengan dinding yang cukup tebal yang mengandung lignin.

Tidak hanya itu xilem juga berfungsi sebagai jaringan penguat. Jaringan xilem disebut juga dengan istilah pembuluh kayu. Wikipedia

Unsur-unsur Xilem

Xilem juga terdiri dari beberapa macam kompnen yakni trakea, trakeida, serat xilem dan parenkim xilem. Berikut adalah penjelasannya mengenai unsur-unsur tersebut.

Trakea

Trakea adalah komponen xilem yang terdiri dari tabung yang berdinding tebal. Tabung-tabung ini dilapisi oleh selulosa sekunder dan lignin sehingga teksturnya menjadi keras dan kuat.

Pada umumya unsur trakea ini hanya terdapat pada tumbuhan berbiji tertutup atau disebut dengan angiospermae. dan untuk tumbuhan berbiji terbuka hanya ditemukan pada tanaman melinjo contohnya.

Trakeida

Trakeida adalah sebuah trakea yang mempunyai diameter lebih kecil dibandingkan dengan diameter trakea. Untuk rata-rata diameternya adalah 30mm dan pada trakeida terdapat di semua tumbuhan berbiji (spermatophyta).

Parenkim Xilem

Parenkim Xilem terdiri dari beberapa sel-sel yang masih hidup. Parenkim xilem ini dapat kita temukan pada xilem primer dan xilem sekunder. Untuk xilem sekunder sendiri ada 2 jenis parenkim yakni parenkim kayu dan jari-jari empulur.

Sel parenkim berfungsi untuk tempat cadangan makanan berupa zat tepung. Zat tepung inilah biasanya tertimbun hingga saat-saat pertumbuhan dan kemudian berkurang bersamaan dengan kegiatan kambium.

Pengertian Floem

Floem adalah sebuah jaringan pengangkut pada tanaman yang berfungsi untuk menyalurkan hasil fotosintesis dari daun menuju ke seluruh bagian-bagian tanaman. Hasil fotosintesis tersebut berguna untuk proses pertumbuhan tanaman. Jaringan floem juga terdiri dari beberapa sel-sel hidup dan sel-sel mati.

Unsur-unsur Floem

Unsur-unsur jaringan floem terdiri dari beberapa macam yakni parenkim floem, sel pengantar, sel albumin, serat-serat floem dan unsur tapis. Berikut penjelasannya :

Parenkim Floem

Parenkim floem adalah jaringan parenkim yang berada pada jaringan pengangkut tapis. Fungsinya ialah sebagai tempat penyimpanan karbohidrat, resin, tanin, lemak dan zat organik lainnya.

Sel Pengantar

Sel Pengantar adalah sel muda yang bersifat meristematis. Komponen ini berfungsi sebagai pembawa hormon penyembuh luka dan penyalur fotosintat bagi sel-sel tapis.

Sel Albumin

Sel albumin merupakan sebuah sel jari empulur yang kaya akan zat putih telur. Sel ini merupakan sel mati yang berfungsi sebagai pelindung sel pengantar.

Serat-serat Floem

Serat floem merupakan penyusun yang terdiri dari dua komponen yaitu komponen floem primer dan floem sekunder. Floem primer berada pada bagian organ tumbuhan yang masih mengalami pertumbuhan memanjang. Sedangkan floem sekunder berada dalam bagian sel-sel kambium.

Unsur-unsur Tapis

Unsur tapis memiliki ciri daerah yang tipis di bagian dinding dan intinya hilang dari protoplas. Daera-daerah tapis ini merupakan noktah yang termodifikasi dengan tampak sebagai daerah cekung pada dinding nya yang berpori-pori.

Baca Juga : Ciri-ciri dan Reproduksi Tumbuhan Lumut

Perbedaan Xilem dan Floem

Perbedaan xilem dan floem diantaranya ialah :

  1. Xilem terbuat dari sel-sel mati, sedangkan floem terbuat dari sel-sel hidup
  2. Xilem berdinding tipis, sedangkan floem berdinding tebal
  3. Dinding xilem terbuat dari lignin, sedangkan floem terbuat dari selulosa
  4. Pada xilem tidak terdapat sitoplasma, sedangkan floem terdapat sitoplasma
  5. Permeabilitas dinding sel xilem impermeabel, sedangkan floem permeabel
  6. Arah untuk aliran xilem menuju keatas, sedangkan floem menuju kebawah
  7. Fungsi xilem ialah mengangkut air atau unsur hara mineral dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan

Letak Xilem dan Floem

letak xilem dan floem

Letak xilem dan floem berada pada akar dan batang tumbuhan monokotil, berkas pengangkutnya itu kolateral tertutup yang akan di tutupi oleh sklerenkin dan bersifat menyeluruh. Jika diliat dari mikroskop akan kelihatan kalau xilem itu bentuknya bulat besar sedangkan floem itu kecil di sekeliling xilem.

Jika pada tumbuhan dikotil terlihat perbedaannya antara floem dan xilem yang akan dipisahkan oleh kambium, dan berkas pengangkutnya kolateral terbuka dimana xilem itu berada didalam kambium berdekatan dengan empulur sedangkan floem berada diluar kambium.

Dimanakan letak xilem dan floem pada tumbuhan ? Letak xilem dan floem berada didalam tubuh tumbuhan seperti di batangm akar maupun daun. Pada tumbuhan dikotil xilem berada di bagian yang lebih jauh atau dalam daripada kambium, sedangkan floem terletak dibagian luar kambium.

Demikian artikel mengenai pengertian xilem dan floem, unsur-unsur xilem dan floem serta perbedaan dan letaknya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih 🙂

Desain Dapur Minimalis

Zaflan
3 min read

Desain Kamar Mandi Minimalis

Zaflan
2 min read

Pengertian Seni Musik

Zaflan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *