Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Prinsip Geografi Beserta Contohnya

prinsip geografi

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang cukup populer di masyarakat. Geografi sendiri mempelajari mengenai fenomena fisik yang terjadi dan aktivitas manusia di permukaan bumi. Berdasarkan bidang dan aspek tertentu, geografi dikelompokkan dalam beberapa cabang dan ruang lingkup.

Selain itu, dalam pembelajaran geografi pun digunakan sejumlah prinsip tertentu. Prinsip tersebut dijadikan sebagai dasar untuk mengkaji, mengungkapkan, menjabarkan, meneliti, dan menyajikan variabel, faktor, gejala, dan masalah geografi yang ada dalam fenomena geosfer.

Macam-macam Prinsip Geografi Beserta Contohnya

macam-macam prinsip geografi

Secara umum terdapat 4 prinsip geografi yang akan diulas dalam artikel ini, yaitu:

  • Prinsip distribusi
  • Prinsip interelasi
  • Prinsip deskripsi
  • Prinsip korologi

Dari 4 prinsip tersebut kita bisa mempelajari fenomena geografi yang terjadi dimuka bumi ini. Berikut penjelasan mengenaai prinsip geografi lengkap beserta contohnya.

1. Persebaran (Prinsip Distribusi)

prinsip distribusi

Tujuan dari ilmu geografi adalah memberi gambaran mengenai penyebaran fenomena alam dan penyebabnya. Sebab fenomena yang terjadi di bumi ini tidak merata dan tidak sama. Sehingga dengan memperhatikan prinsip distribusi ini, diharapkan pemecahan masalah tersebut dapat terarah dengan baik.

Selain itu juga berfungsi untuk mengungkap hubungan satu fenomena dengan fenomena lain dan memperkirakan keadaan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dalam ilmu geografi, prinsip ini menjadi kunci yang pertama hingga dapat ditetapkan prinsip-prinsip selanjutnya. Contoh dari prinsip distribusi antara lain:

  • Peta persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia
  • Peta persebaran transmigran di Indonesia yang tidak merata

2. Keterkaitan (Prinsip Interelasi)

prinsip interelasi

Prinsip ini digunakan untuk menganalisis hubungan antar gejala yang saling berkaitan atau terjadi pada ruang yang sama. Prinsip keterkaitan ini akan dilakukan untuk mengurai karakteristik sebab akibat dari gejala yang terjadi. Bisa saja terjadi antara manusia dengan manusia, alam dengan alam, ataupun manusia dengan alam.

Berikut adalah contoh dari prinsip interelasi yaitu:

  • Kondisi iklim suatu daerah yang dipengaruhi oleh letak geografisnya
  • Masyarakat pesisir pantai sebagian besar berprofesi sebagai nelayan karena berdekatan dengan laut
  • Banjir yang terjadi karena adanya penebangan hutan pada wilayah hulu
  • Kekeringan yang terjadi karena fenomena La Nina

3. Penggambaran (Prinsip Deskripsi)

prinsip deskripsi

Prinsip geografi yang ketiga ini berfungsi untuk memberi gambaran dan penjelasan mengenai gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi dengan lebih rinci dan mendalam melalui fakta, gejala, serta masalah sebab akibat. Gambaran tersebut dapat berupa tabel, tulisan, grafik atau gambar secara kuantitatif maupun kualitatif.

Contoh dari prinsip deskripsi adalah sebagai berikut;

  • Tabel angka pengangguran di Jawa Tengah
  • Peta wilayah lautan di kawasan Indonesia
  • Grafik peta lempeng tektonik di Indonesia
  • Gambar persebaran curah hujan di wilayah Indonesia

4. Gabungan (Prinsip Korologi)

prinsip korologi

Prinsip geografi yang telah disebutkan di atas kemudian digabung menjadi prinsip korologi. Kemudian digunakan untuk meneliti dan mengkaji fakta, gejala maupun permasalahan yang terjadi pada suatu wilayah dengan meninjau aspek sebarannya, keterkaitan, interaksi dan integrasinya dalam suatu ruang tertentu.

Contoh dari prinsip korologi yaitu:

  • Dalam meneliti masalah mengenai hujan, perlu diteliti pula beberapa hal lain yaitu persebaran curah hujan, penyebab perbedaan curah hujan di wilayah yang berbeda, tingkat curah hujan pada suatu wilayah, serta dampak yang ditimbulkan dari curah hujan tersebut.
  • Untuk meneliti masalah tentang suhu udara, perlu untuk meneliti beberapa hal lain pula seperti perbedaan suhu antar wilayah, pengaruh jumlah pohon terhadap suhu udara, penyebab terjadi perbedaan suhu di kota dan di desa, serta hal lain yang mendukung penelitian tersebut.

Baca Juga :

Keempat prinsip geografi tersebut dilakukan secara berurutan agar diperoleh hasil yang selaras dan dapat dipahami oleh khalayak umum. Prinsip tersebut sangat berperan penting dalam menopang ilmu geografi, terutama untuk mengembangkan hal-hal yang dikaji dalam geografi.

Sumber Informasi :

Anjayani,Eni.2009.Geografi: Untuk Kelas X SMA/MA.Jakarta:PT. Cempaka Putih.

Nursid, S. (1988). Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung :

Penerbit PT. Alumni.

Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Pengertian Geografi

Zaflan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *