Ciri-ciri dan Reproduksi Tumbuhan Lumut

tumbuhan lumut

Reproduksi Tumbuhan Lumut (Bryophyta)  – Halo selamat pagi teman-teman semoga kalian sehat selalu, pada kesempatan kali ini admin ingin membagi pengetahuan seputar Tumbuhan Lumut (Bryophyta). Tidak usah panjang lebar langsung saja kita masuk ke materinya.

Cara Hidup Tumbuhan Lumut

Sebagian besar lumut adalah tumbuhan tetestrial yang hidup di daratan. Lumut sangat mudah sekali ditemukan di tempat yang lembab (higrofit), tidak hanya didarat ada juga lumut yang hidup di air misalnya Riccicarpus natans. Dan ditempat lembab dan teduh lumut tumbuh sangat subur sekali.

Reproduksi Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Lumut bereproduksi secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Reproduksi aseksual terjadi ketika pembentukan spora di dalam sporangium (kotak spora). Lalu spora tersebut kemudian menjadi sebuah gametofit. Sedangkan reproduksi seksual terjadi melalui fertilisasi ovum oleh spermatozoid yang menghasilkan zigot.

Pada siklus ini lumut mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) antara generasi gametofit yang berkromosom haploid dengan generasi sporofit yang berkromosom diploid. Metaganesis yang terjadi pada lumut dapat digambarkan sebagai berikut :

metagenesis

Ciri-ciri Tumbuhan Lumut

ciri ciri tumbuhan lumut

a. Bentuk dan Ukuran Tubuh Lumut

  • Lumut hanya bertumbuh memanjang dan tidak dapat bertumbuh besar.
  • Tubuh lumut ada yang berbentuk kecil dan tegak serta ada juga yang berbentuk lembaran.
  • Lumut yang berukuran kecil memiliki tinggi hingga 1-2cm dan lumut yang berukuran besar memiliki tinggi hingga 20cm.
  • Akar sederhana pada lumut disebut dengan rizoid yang berfungsi menyerap air dan garam mineral dan untuk melekatkan pada habitatnya.

b. Struktur dan Fungsi Tubuh Lumut Bentuk Gametofit

  • Gametofit adalah bentuk tumbuhan lumut yang bertapak hijau, berbentuk seperti lembaran dan membentuk alat kelamin yang menghasilkan gamet.
  • Sel kelamin jantan dihasilkan dari sel jantan yang disebut dengan anteridium dan sel kelamin betina dihasilkan dari sel kemain betina yang disebut dengan arkegonium.
  • Lumut yang memiliki arkegonium dan anteridium disebut monoesis (berumah satu) atau disebut homo talus. Dan yang memiliki hanya 1 jenis kelamin disebut dengan diesis (berumah dua) atau heterotalus.
  • Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

c. Struktur dan Fungsi Tubuh Lumut dengan Bentuk Sprofit

  • Sporofit adalah bentuk tumbuhan lumut yang menghasilkan spora.
  • Sporofit membentuk sebuah sprogonium yang memiliki bagian-bagian vaginula atau selaput pangkal tangkai, seta (tangkai) dan sprangium (kotak spora).
  • Sporofit hidup menumpang pada gametofit dan mendapatkan air, mineral, garam dan zat makanan dari gametofit juga.

Seperti itu saja materi seputar ciri-ciri dan reproduksi tumbuhan lumut (Bryophyta). Semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih 🙂

Pengertian Yaumul Mizan

Zaflan
1 min read

Sifat-sifat Koloid

Zaflan
3 min read

Fungsi Tulang Atas

Zaflan
1 min read

One Reply to “Ciri-ciri dan Reproduksi Tumbuhan Lumut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *