Sejarah Futsal

Sejarah futsal – Olahraga satu ini merupakan olahraga yang mirip dengan permainan sepak bola, dan termasuk olahraga favorit bagi kaum laki-laki. Yap olahraga futsal atau permainan bola futsal.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahasa informasi seputar olahraga futsal mulai dari pengertian, sejarah, teknik permainan dan ukuran lapangan futsal itu sendiri.

Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Futsal

pengertian futsal

 

Futsal adalah permainan bola yang di mainkan oleh dua tim yang berlawanan dan masing-masing dari lawan tersebut beranggotakan 5 orang, dengan tujuan yaitu memasukan bola ke gawang lawan dengan cara menggiring bola menggunakan kaki.

Futsal berasal dari kata Spanyol dan portugis yang memiliki arti yaitu futbol (sepakbola) dan sala (dalam ruangan). Jika kedua kata tersebut digabungkan makan menjadi permainan sepakbola di dalam ruangan atau yang sering kita sebut dengan futsal.

Sejarah Permainan Futsal

sejarah permainan futsal

Permainan futsal di populerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930-an. Permainan bola futsal ini di perkenalkan oleh Juan Carlos, beliau adalah salah satu pelatih sepak bola hebat.

Ketika beliau melakukan latihan dengan murid-muridnya di dalam ruangan. Dengan jumlah pemain di dalam ruangan yang sempit dengan 11 orang melawan 11 orang pemain.

Beliau mengubah tim tersebut menjadi 5 lawan 5 secara bergantian. Dari situlah permainan futsal tercipta dengan peratutan 5 lawan 5.

Perbedaan permainan sepak bola dan futsal bisa kita lihat dari jumlah pemain di dalam lapangan.

Permainan futsal ini termasuk olahraga yang mendapatkan perhatian dunia terutama Amerika Selatan atau wilayah Brazil.

Permainan ini memiliki stategi atau skil dari setiap pemain yang mengatur taktik untuk bisa memasukan bola ke gawang lawan.

Pele atau Edison Arantes do Nascimento merupakan salah satu pemain dari Brazil yang menjadi sortan dalam olahraga futsal di dunia.

Negara Brazil menjadi pusat olahraga futsal di dunia. hingga saat ini dan permainan termasuk dalam perlindungan Federation Internationale de Football Association atau disebut dengan FIFA.

Sejarah pertandingan futsal pertama kali di adakan di tahun 1965 di Amerika Selatan. Pada saat itu Paraguay berhasil menjuarai pertandingan tersebut.

Piala pertandingan selanjutnya di adakan pada tahun 1979 dan pada saat itu Brazil menyapu bersih (memenangkan) semua pertandingan.

Brazil berhasil menjuarai pula piala Pan Amerika pertama kali di tahun 1982.

Pada waktu itu Amerika sempat mendirikan sebuah organisasi futsal yang bernama FIFUSA (federasi futsal Amerika Serikat).

Karena olahraga ini dapat memajukan industri khususnya di olahraga sepakbola.

Dan pada tahun 1989 FIFA secara resmi menyelenggarakan kejuaraan futsal dunia.

Sejarah pertandingan futsal pertama yang diselenggarakan FIFA digela di belanda pada tahun 1989 dan setelah itu di Hongkong pada tahun 1992.

Sejarah Permainan Futsal di Indonesia

sejarah futsal di indonesia

Sejarah futsal di Indonesia sebut saja Ronny Pattinasarani beliau pantas menjadi pelopor olahraga futsal masuk ke Indonesia. Beliau adalah seorang pelatih yang terjun langsung ke masyarakat dalam meperkenalkan permainan futsal.

Bung Ronny merupakaan nama panggilannya, beliau pernah mengikuti Coaching Clinic Futsal yang diselenggarakan di Malaysia pada tahun 2000.

Dari situlah futsal mulai dikenal di Indoneisa dan Bung Ronny menyebarkan permainan ini lewat SSB (sekolah sepak bola) dan para pemain timnas.

Teknik Dasar Permainan Futsal

teknik permainan futsal

Pada dasarnya permainan futsal ini sama dengan permainan sepak bola begitu juga dengan teknik-teknik permainannya. Berikut beberapa teknik permainan futsal :

  • Cara menendang bola
  • Teknik menggiring atau dribble bola
  • Teknik mengumpan
  • Teknik mengoper bola
  • Passing
  • Teknik menghentikan bola
  • Teknik menyundul bola
  • Teknik menangkap bola

Dan masih banyak lagi teknik-teknik permainannya.

Adapun ukuran lapangan permainan futsal memiliki panjang dan lebar sebagai berikut :

  • Panjang lapangan futsal 25-42 meter.
  • Lebar lapangan futsal 16-25 meter.

Untuk lebih jelasnya mengenai ukuran lapangan permainan futsal Anda bisa baca artikel nya →DISINI

Oke mungkin itu saja artikel seputar sejarah futsal mulai dari pengertian, teknik permainan dan ukuran lapangannya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Felderfans.com

 


Artikel Lainnya :

1 thought on “Sejarah Futsal”

Leave a Comment