Suara Speaker Laptop Pecah

Speaker laptop merupakan perangkat keras atau hardware yang sangat diperlukan. Salah satunya yaitu untuk para mahasiswa atau anak kos-kosan. Ketika mereka mengerjakan tugas dan jenuh dengan tugasnya pasti mereka butuh suatu hiburan. Mereka bisa menyalakan musik dan mendengarkannya melalui laptop mereka

Namun ketika sedang mendengarkan musik di laptop ada beberapa masalah yang sering terjadi yakni suara pada speaker laptop pecah. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Maka dari itu pada artikel ini admin ingin share info mengenai penyebab speaker laptop rusak.

Yuk, simak artikelnya dibawah ini.

Banyak hal yang menyebabkan suara speaker laptop pecah yakni :

  • Volume laptop terlalu keras. Usahakan jika kamu mendengarkan musik atau menonton film di laptop jangan set volume terlalu keras. Jadi, atur volume yang sedang-sedang saja.
  • Terlalu sering cabut colok hansfree. Dengan sering melakukan cabut colok hansfree bisa menyebabkan speaker laptop mati akibat konsleting konektor audio.
  • Debu yang menempel pada di speaker.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah

Yang akan kita lakukan kali ini ialah menggunakan cara sederhana yaitu dengan mematikan suara speaker yang pecah saat digunakan. Perlu kamu ketahui speaker laptop memiliki dua bagian yaitu bagian kanan dan kiri.

Jadi, jika yang pecah adalah suara dari speaker kanan, maka matikan speaker yang kanan sedangkan yang pecah speaker kiri maka matikan speaker kiri.

Oke dalam contoh ini admin berikan contoh menggunakan Windows 7. Untuk versi windows yang lain mungkin bisa menyesuaikan karena tampilannya tidak jauh beda.

  •  Pertama, klik kanan icon speaker yang ada di pojok bawah lalu pilih Open Volume Mixer.

cara mengatasi speaker laptop pecah

  • Lalu, pilih Speakers / Headphones.

cara memperbaiki speaker laptop pecah

  • Jika sudah, masuk ke tab Levels>Balance>lalu turunkan volume pada speaker yang pecah. Pada gambar dibawah ini saya menurunkan volume pada speaker R atau kanan.

speaker laptop rusak

  • Jika sudah, Klik Ok.

Setelah kamu sudah melakukan langkah diatas, maka suara laptop kamu bisa normal kembali walaupun suara speaker laptop kalian tidak seperti suara yang lama. Tapi, setidaknya kamu bisa menonton film atau mendengarkan musik tanpa ada suara kresek-kresek lagi 🙂

Cara Lain Mengatasi Suara Laptop Kemresek

Sudah melakukan cara diatas namun masih saja pecah. Maka kamu mau tidak mau harus mengganti speaker tersebut. Tapi sebelum kamu menggantinya ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan speaker eksternal seperti speaker aktif atau wireless speaker.

Saat ini sudah banyak sekali jenis speaker aktif yang dijual di pasaran. Mulai dari harga yang murah hingga yang mahal. Silakan kamu cek sendiri sesuai kebutuhan serta uang yang kamu miliki.

Oke mungkin itu saja artikel yang bisa admin share. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan solusi untuk kamu yang sedang mengalami suara speaker laptop pecah.

Featured Image Credit: www.flaticon.com

 


Felderfans.com

 

Artikel Lainnya :

Leave a Comment