40+ Tanda tanda Kiamat Yang Kini Sudah Banyak Terjadi

Tanda tanda Kiamat – Berbicara tentang hari kiamat memang sangat menyeramkan. Namun, sebagai seorang muslim kita harus senantiasa mengimani tentang datangnya hari akhir atau hari kiamat. Hari dimana alam semesta akan hancur dan semua yang hidup akan kembali kepada Yang Maha Hidup. Firman Allah SWT dalam al-Qur’an surat az-Zumar ayat ke 68 :

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاء اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُم قِيَامٌ يَنظُرُونَ

dan sangkakalapun ditiup maka matilah semua (makhluk) yang dilangit dan dibumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali Lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun(dari kuburnya) Menunggu (keputusan Allah). (QS. az- Zumar : 68).

Dari berbagai macm sumber, yakni al-Qur’an dan Hadits tanda-tanda datangnya hari kiamat di bedakan menjadi dua pertanda, yang diantaranya adalah tanda kecil dan tanda besar.

Daftar Isi

Tanda-tanda Kiamat Kecil

tanda tanda kiamat kecil

1. Tak ada lagi orang yang amanat

2. Penggembala berlomba menjadi menumpuk harta (kaya)

3. Sungai Efreat yang mengering mengeluarkan emas

4. Baitul Maqdis kembali kepangkuan umat islam

5. Rajapati merajalela

6. Banyak muncul kaum-kaum khawarij

7. Pembela kedzaliman bertebaran

8. Pecahnya perang Yahudi dan Islam

9. Fitnah tak lagi bisa dikendalikan

10. Orang-orang berilmu sedikit jumlahnya

11. Zina dianggap biasa

12. Kaum wanita mendominasi

13. Berlomba-lomba ‘membangun’ masjid

14. Riba dan harta haram, dianggap halal

Tanda-tanda Kiamat Besar

tanda tanda kiamat besar

1. Kemunculan ad-Dukhan

2. Keluarnya ad-Dabbah

3. Matahari terbit dari barat

4. Munculnya Dajjal

5. Nabi Isa AS turun ke dunia

6. Ya’juj dan Ma’juj

36 Tanda-tanda Hari Kiamat Yang Kini Sudah Banyak Terjadi

Ulama besar dari Indonesia, Hadratusyaikh Kiai H. Hasyim Asy’ari juga membahsa tentang pertanda hari kiamat ini. Dalam kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah karyanya, beliau mengungkapkan bahwa kini sudah mulai banyak terjadi muncul pertanda akan datangnya hari kiamat. Dan pertanda itu akan semakin jelas terjadi di seiring berjalannya waktu. Itulah pertanda bahwa kita telah memasuki fase akhir zaman.

Pada kitab tersebut, setidaknya ada 30 bukti dari pertanda kecil hari kiamat yang telah banyak terjadi di kehidupan umat. Enam sisanya adalah penjelasan tanda besar hari kiamat, yang nanti pasti akan terjadi. Secara lebih terperinci, berikut ini isi dalam kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah yang menjelaskan tentang tanda tanda kiamat yang sudah muncul.

Tanda-tanda Hari Kiamat yang Sudah Muncul

tanda hari kiamat putus silaturahmi

Beberapa di antara pertan hari kiamat dibawah ini, sebagian besar telah terbukti dan bisa kita lihat pada kehidupan di sekeliling kita.

1. Tak ada lagi rasa tolong-menolong dalam urusan agama.

Sebagaimana yang tersirat dalam sabda Rasulullah SAW, yang artinya : “Akan datang pada diri manusia satu masa dimana orang yang sabar diantara mereka terhadap agamanya, bagai orang yang sedang menggenggam bara.” (HR. At-Tirmidzi, dari sahabat Anas bin Malik R.a).

2. Berbangga hati dalam hal urusan masjid

Dari Anas Ra, Rasulullah SAW bersabda :”Hari kiamat tak akan terjajdi hingga manusia saling bangga dalam urusan masjid.”(HR. Ahmdan & Abu Daud)

3. Silahturahmi yang terputus

Dari riwayat Ath Thabrani, juga disebutkan bahwa tanda hari kiamat adalah diantaranya tali silaturahmi yang tak lagi terjaga (putus), yang amanah didakwa khianat, yang khianat dijunjung dan dianggap amanah.

4. Bertambahnya hilal

hilal terlihat semakin besar dan bisa diketahui sedari awal sejak pertama kemunculannya. Sehingga akan dikatakan jika hilal tersebut untuk malam yang kedua.

Di antara tanda dekatnya kiamat adalah membesarnya hilal bulan“ (HR. at-Thabrani)

Di antara tanda kiamat adalah hilal bulan terlihat pada waktu malam pertama tetapi dikatakan sebagai hilal malam kedua (karena terlihat lebih besar).” (HR. at-Thabrani)

5. Orang shalih wafat satu persatu

Tanda kecil dari semakin dekatnya akhir zaman dan datangnya hari kiamat adalah dengan semakin banyaknya orang shalih yang dipanggil menghadap Allah SWT/wafat. Maka setelah itu tinggallah di dunia para jelata, bagaikan ampas gandun atau biji kurma.

“Tidak akan tiba hari kiamat hingga Allah mengambil orang-orang baik dari penduduk bumi, sehingga yang tersisa hanyalah orang-orang yang jelek, mereka tidak mengetahui yang baik dan tidak mengingkari yang munkar.” (HR Ahmad).

6. Orang Zuhud dan Wirai tak ada lagi

Hari kiamat tak akan terjadi hingga zuhud menjadi kisah dan wira’i menjadi sesuatu hal yang dibuat-buat”.(oleh Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyaa)

7. Anak menjadi sebab amarah

Tanda berikutnya yang menggambarkan pertanda semakin dekat datangnya hari kiamat adalah yang diriwayatkan dalam hadits ath-Thabrani dari Ibnu Mas’ud Ra. Dimana anak-anak akan menjadi penyebab amarah, hujan yang turun terasa panas, serta hari yang berlimpah ruah.

8. Pemimpin munafik dan fasik

Hari kiamat tak akan datang hingga tiap-tiap kabilah akan dipimpin oleh seorang yang munafik serta para pemimpin yang fasik.

Akan datang suatu masa di mana para pemimpin pada saat itu fasik dan sewenang-wenang. Barangsiapa membenarkan kedustaan mereka dan membantu mereka dalam berbuat zalim maka ia tidak termasuk golonganku, dan aku bukan golongannya. Ia juga tidak akan sampai ke telagaku.” (HR. Ahmad dan Ath-Thabrani).

9. Mihrab dihias indah tapi hatinya kosong

Berikutnya dalam tanda hari kiamat adalah semakin maraknya aktivitas menghias mihrab-mihrab dengan oramen yang sangat indah dipandang mata, namun tak disertai dengan menghiasi hatinya. Sehingga hati dibiarkan terus kosong. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud Ra serta Ath-Thabrani.

10. Banyak muncul saksi-saksi palsu

“Sesungguhnya sebelum datang hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikannya kesaksian yang sebenarnya.” (HR. Ahmad)

11. Amanah hanya untuk keuntungan pribadi

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah bersabda : “Akan keluar di akhir zaman nanti beberapa orang yang mencari dunia dengan amalan din, mereka mengenakan pakaian di tengah-tengah manusia dengan kulit kambing yang lembut, lisan mereka lebih manis dari pada gula, tetapi hati mereka adalah hati srigala. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman, “Apakah terhadap-Ku mereka berani menipu ataukah mereka berani melawan Aku? Maka dengan Kebesaran-Ku, Aku bersumpah, Aku benar-benar akan mengirim kepada mereka fitnah yang mengakibatkan ulama yang teguh hati pun menjadi bingung.” (HR At-Tirmidzi)

12. Suami taat pada istri dan melawan ibunya

Coba kita lihat disekitar kita, atau bahkan mungkin yangt erjadi dalam kehidupan rumah tangga kita sendiri? Apakah kita termasuk seorang suami yang takut dengan istri? Bahkan hingga berani melawan ibu (durhaka)?

Dikisahkan dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah bersabda : “Apabila harta rampasan perang (al-Fai’) hanya dibagikan di kalangan orang-orang kaya, seorang suami takut kepada istrinya dan durhaka terhadap ibunya, dan seseorang lebih dekat kepada temannya daripada ayahnya sendiri,” (HR. Tirmidzi)

13. Panggung hiburan yang semakin bergemerlapan

Munculnya banyak penyanyi wanita, merebaknya pemakaian alat musik, dan semakin merajalela hobi minum minuman keras khamr. Seperti yang telah diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Ra oleh At Tirmidzi.

14. Tahun penuh tipu daya

Semakin dekat dengan kedatangan dajjal, maka akan muncul tahun yang dipenuhi dengan tipu daya. Saat itu mereka yang jujur didakwa bohong, yang bohong dipercaya bak orang jujur,amanah diangga khianat, khianat disebut amanah. Dan mereka para orang ruwaibidlah berkata. Seorang sahabat bertanya tentang siapa ruwaibidlahRasulullah SAW menjawab : “Orang bodoh yang berbicara tentang urusan banyak orang.” (HR. Ahmad dari sahabat Anas Ra)

15. Peristiwa Besar Terjadi

Selanjutnya, tanda hari kiamat adalah mualai terlihatnya perkara-perkara besar yang selama ini tak pernah terbersit dalam pikiran. Diriwayatkan dalam hadist Imam Ahmad dan juga At-Thabrani dari Samurah bin Jundub.

16. Memberikan tanggung jawab kepada yang bukan ahlinya

Dalam sebuah yang driwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari sahabat Abu Hurairah Ra menegaskan tentang salah satu tanda seakin dekatnya hari kiamat. Ketika urusan-urusan semu diserahkan kepada mereka yang tak ahli dalam bidangnya.

17. Sedih berkepanjangan atas kematian

Tak akan datang hari kiamat jika sampai ketika ada orang yang menghampiri kuburan lalu ia berguling diatasnya sembari berucap:“Seandainya ku berada di tempat orang yang di kubur dalam kuburan ini.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah Ra)

18. Manusia berjima’ seperti hewan bersetubuh

Semakin marak umat yang tak memikirkan tentang aturan-aturan dalam islam, bahkan mulai dari hal yang terkecil sekalipun. Mereka bahkan sampai bersetubuh seperti halnya para hewan tak berakal yang bercampur dengan lawan jenisnya di tengah jalan. Hal ini seperti yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani, dari Ibnu Umar Ra.

19. Perzinahan menjadi hal yang umum

Digambarkan seperti seorang laki-laki yang menjumpai wanita di jalanan dan bersenggama dengannya di jalanan. Dan dalam keadaan seperti orang yang melihat tak satupun ada yang menegur. Maka, orang-orang yang terbaik diantara mereka adalah orang yang berucap:”Seandainya kau bawa perempuan itu menjauh dari jalam ini.” Tanda ini seperti yang diriwayatkan oleh Al Hakin Abu Abdullah dari sa habat Rasulullah SAW, Abu Hurairah Ra.

20. Wanita tak lagi punya kehormatan/rasa malu

Dari Abu Umamah Ra, yang diriwayatkan oleh Ath Thabrani. Salah satu tanda kiamat yang jelas adalah ketika seorang wanita telah dilanggar kehormatannya dan mereka mengganggap itu adalah hal yang biasa. Seperti ketika seorang wanita berjalan di jalanan dan gerombolan orang mendekatinya. Seorang lelaki berdiri dan mengangkat gaun wanita tersebut, seperti halnya saat ia mengangkat ekor dari binatang kambing. Lalu beberapa diantara mereka menegur,”sevaiknya kau sembunyikan di balik dinding ini.” Padahal di tengah meraka ada orang yang sholeh, alim dan paham agak ilmu tentang agama.

21. Beda adalah musuh

Tanda akan datangnya hari kiamat berikutnya adalah ketika perbedaan menjadi sumber dari perpecahan. Hanya karena ucapan berebda antar manusia memutuskan untuk saling menjadi musuh. Ucapan-ucapan berseberangan dan ada du orang yang bersaudara dari orang tua yang sama, berbeda keyakinan (agama).

22. Hilangnya keinginan untuk shalat

Tanda hari kiamat sudah dekat juga ada dalam sebuah hadits Ath Thabrani, dari sahabat Ibnu Mas’ud R.a. Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa kiamat tak akan terjadi hingga ketika masjid tak lagi digunakan untuk sholat.

23. Anak muda tak lagi hormat pada orang tua

Seperti yang tersirat dalam sebuah hadits yang meriwayatkan ketika Rasulullah SAW kedatangan malaikat Jibril dalam bentuk dhohir yang menyerupai lelaki tampan. Jibril berkata tentang tanda hari kiamat, yang salah satunya adalah ”Budak wanita yang melahirkan Tuannya” (HR. Muslim). Yang dimaksud dalam kalimat tersebut adalah anak yang durhaka dan tak memiliki rasa hormat pada orang tuannya.

24. Semua tujuan bermuara pada urusan perut

Akan tiba suatu zaman atas manusia dimana perhatian (obsesi) mereka hanya tertuju pada urusan perut dan kehormatan mereka hanya pada kekayaan (benda) semata, kiblat mereka hanya urusan wanita (seks) dan agama mereka adalah uang (harta, emas dan perak). Mereka adalah makhluk Allah swt yang terburuk dan tidak akan memperoleh bagian di sisi Allah swt di akhirat kelak.” (HR. Ad-Dailami)

25. Al- Qur’an hanya jadi hiasan

Tanda hari kiamat yang lainnya adalah ketika al-Qur’an telah usang di hati masing-masing umat Nabi Muhammad SAW. Bagi ada bacaan lain yang dianggap lebih menarik daripada al-Qur’an.

26. Ibadah rajin, maksiat jalan

Mereka tak lagi memiliki rasa takut ketika mulai melakukan tindakan-tindakan yang dilarang oleh Allah SWT. Mereka terus mengharapkan kebaikan dan ampunan dari Allah SWT, namun sembari tetap bermaksiat atau melanggar aturan yang merupakan larngan Allah SWT. Setelah bermaksiat, lalu mereka akan berucap,”Semoga Allah mengampuni dosaku.”

27. Tak kenal islam dan hanya ikut-ikutan

Berikutnya yang merupakan tanda semakin dekatnya kedatangan hari kiamat adalah ketika Islam telah mulai memudar. Tak ada lagi yang mengenal ajaran-ajaran Islam seperti sholat, puasa, haji, sedekah, zakat, dll. Dari mereka yang tersisa hanya beberapa kelompok yang terdiri dari orang-orang tua. Dari Hudzaifah bin Yaman yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah : “…….Mereka berkata “Kami mendapati leluhur kami mengikuti kalimat ini laa ilaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah), maka kami pun mengucapkan kalimat itu.”

28. Tak terdengar lagi ucapan Lailahailallah

Hari kiamat akan selalu terjaga dari kedatangannya jika masih terdegar mengiang orang-orang yang mengucapkan kata La ilaha illallah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Tidak akan terjadi kiamat (apabila) masih ada orang yang menyebut la ilaha illallah.” (HR. Ibnu Hibban)

Dan berarti sebaliknya, ketika tak lagi terdengar orang mengucapkan La laha illallah, maka disitulah tanda nyata akan semakin dekatnya hari kiamat.

29. Dunia serba terbalik

Mungkin ini adalah salah satu dari beberapatanda bahwasanya hari kiamat memang telah benar-benar telah menanti di depan mata. Bagaimana tidak? salah satu tandanya, dimana kodisi dunia akan serba terbalik kini sudah mulai banyak terjadi. Yang jujur hancur, yang dusta menang dan berjaya, yang amanah dianggap tercela, yang khianat dijunjung penuh hormat, orang-orang atas akan mulai menghilang, sedangkan orang-orang bawah muncul dari dasar ke permukaan.

Dari Abu Hurairah Ra, sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW. Siapa yang beliau maksud dengan orang-orang atas serta orang-orang bawah? Maka, Rasulullah SAW menjawab :”Orang-orang atas ialah orang-orang terkemuka dan terhormat. Sedangkan orang-orang bawah ialah orang-orang yang ada di bawah kaki masyarakat.” (HR. Ath-Thabrani)

30. Kemunculan 70 orang pendusta

Salah satu dari tanda hari kiamat! Diriwayatkan dari sahabat Amr bin Ash Ra. Suatu ketika Ia bertanya kepada Rasulullah SAW, tentang apa tanda-tanda yang menjadi ciri si 70 orang pendusta tersebut. Rasulullah SAW pun menjawab :”mereka mendatangi kalian dengan sunnah yang berbeda dengan sunnah-sunnah yang kalian ikuti. Mereka menggantinya dengan sunnah baru tersebut. Maka jika kalian melihatnya, hindari mereka.” (HR. al-Bukhari).

Kapan Hari Kiamat Datang?

kapan datang kiamat

Semakin banyaknya tanda-tanda kiamat yang sudah muncul di sekitar kita hendaknya bisa menumbuhkan kembali semangat kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semata-mata untuk mengharap ridhlonya agar kelak di hari akhir dimana manusia dibangkitkan dari kubur dan ditimbang amal-amalnya, kita bisa termasuk hamba yang beruntung.

Lalu, kapan hari kiamat akan datang? Apa tanda-tanda akan datangnya hari kiamat? Allah berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 187, yang artinya : “Mereka bertanya padamu tentang hari kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakan :”Sesungguhnya pengetahuan akan kiamat ialah pada sisi Rabb-ku. Tak seorangpun dapat menjelaskan saat kedatangan selain Dia. Kiamat itu amatlah berat (kekacauannya bagi makhluk) yang ada di langit maupun di bumi.

Kiamat tak akan datang padamu melainkan dengan toba-tiba.” Mereka menanyakan kepadamu seakan engkau benar-benrar mengetahui. Katakan; “Sungguhnya pengetahuan akan hari kiamat itu ialah di sisi Allah, namun kebanyakan manusia tak mengetahui.” (QS. Al A’raf : 187).

Tapi, meskipun tak ada seorangpun anak manusia yang mengetahui kapan hari kiamat tiba, namun iman terhadap hari akhir itu haruslah tetap dijaga. Karena yang tersebut adalah salah satu dari rukun iman kelima yang harus benar-benar dicamkan oleh setiap umat muslim.

Tanda Hari Kiamat Kubro

kiamat kubro

1. Nabi Muhammad diutus ke dunia adalah tanda dekatnya hari kiamat

Dari Anas bin Malik Ra, Rasulullah bersabda :”Jarak diutusnya aku dan hari Kiamat seperti dua (jari) ini.”

Anas bin Malik Ra lalu berkata, “Dan beliau menggabungkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.

2. Bulan Terbelah

Peristiwa ini sebenarnya telah terjadi sejak pada jaman Rasulllah SAW. Dan terbelahnya bulan kala itu adalah salah satu dari mukjizat beliau Rasulullah SAW dari Allah SWT.

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ

“Telah dekat kiamat dan bulan telah terbelah.” (QS. Al-Qomar :  1)

3. Ditiupnya Sangkakala Pertama

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az- Zumar : 68)

4. Munculnya Asap di Timur dan Barat

Asap ini adalah yang dimaksud atau disebut dengan kata Dukhan. Tentang itu, al Allamah al Khazin dalam sebuah kitab tafsir karyannya berkata, “Hudzaifah Ra suatu ketika bertanya : ‘ Ya Rasulullah, apa itu (yang disebut) dukhan (asap)?’ dan kemudian beliau Rasulullah SAW membaca sebuah ayat dalam al-Qur’an:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ

Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut/asap yang nyata. (QS. ad-Dukhan:10)

Asap atau kabut itu akan berlangsung selama 40 hari 40 malam. Orang-orang mukmin yang taat akan terkena dampak dari asap tersebut dan mereka akan merasakan seperti sedang flu. Sedangkan mereka yang kafir, ketika terkena asap tersebut mereka akan seperti orang yang mabuk. Asap akan keluar dari telinga, lubang hidung dan dubur mereka.

5. Kemunculan Dajjal – Pertanda Hari Kiamat Kubro

Dalam sebuah hadits shahih muslim, berkata Hisyam bib Urwah Ra : “Aku pernah mendengar Sabda Rasulullah SAW: ‘Antara diciptakannya Adam hingga terjadi hari kiamat ada makhluk yang lebih besar dari dajjal‘. Maksud dari ‘lebih besar’ pada hadits diatas adalha ‘fitnahnya’ Dajjal.

Sedangkan dalam shahih Bukhari, Rasulullah SAW bersabda :”Dia buta mata sebelah kanan, seperti buah anggur yang mengambang.” Disini beliau Nabi SAW bercerita tentang Dajjal.

Serta dalam Shahi al-Bukhari dan Muslim, mengkisahkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Setiap nabi pasti telah memperingatkan umatnya tentang bahaya si mata satu yang senang berdusta. Ingatlah, sesungguhnya ia itu buta sebelah, sedangkan Tuhan kalian tak buta sebelah. Dan di antara kedua matanya ada tulisan kafir.”

Disebutkan fitnah terbesar Dajjal, Al Baghawi rahimahullah meriwayatkan sebuah kisah dengan sanad dari Aamaa binti Yazid al Anshariyah R.a. Salah satu fitnahnya Dajjal yangt erbesar adalah ketika ia mendatangi seorang badui yang bersedih karena untanya mati, lalu ia (Dajjal) bertanya, “Apa pendapatmu kalai aku bisa menghidupkan untamu kembali, apa kamu akan yakin jika akulah Tuhan?”. Badui itu mengiyakan! Selanjutnya setan datang kepadanya menjelma sebagai unta badui yang telah mati.

Ia bahkan juga mendatangi seorang yang sedang dilanda kesedihan karena ayah dan saudaranya mati. Lalu, Dajjal juga bertanya sama seperti pertanyaannya pada Badui,”Bagaimana pendapatmu kalau akau bisa menghidupkan kembali ayah dan saudaramu yang mati. Pa kamu akan yakin bahwa aku Tuhanmu?” Lagi-lagi orang itu menjawab, “iya!” Lalu setan muncul dengan wujud serupa ayah serta saudaranya.

Dari Abu Bakar R.a, Ia menyatakan : “Rasulullah bercerita kepada kami, Dajjal akan datang dari negeri timur yang disebut dengan Khurasan. Dia diikuti dengan orang-orang yang wajahnya seperti halnya perisai yang dihantam palu.”

6. Munculnya Dabbah

Dabbah berarti binatang melata, Allah berfirman dalam al-Qur’an surat an-Naml, yang artinya : “Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82).

Dari Hafidzaifaf bin Yaman R.a menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, ketika ia menanyakan tentang kemunculan dabbah :”Ya Rasulullah, dari mana ia (dabbah) muncul?’ Beliau Rasulullah SAW menjawab, ‘Dari masjid yang mana paling dimuliakan oleh Allah SWT. Ketika saat Isa as melakukan thawaf bersama orang Islam, tiba-tiba saja bumi bergetar serta  bukit Safa yang ada di dekat lokasi sa’i terbelah.”

Dabbah akan keluar dari muka bumi dan berkata kepada manusia  dan menandai mereka yang beriman dengan wajah bersinar dan berseri-seri. Sedangkan untuk mereka yang kafir dabbah akan membuatkan tanda diantara kedua matanya.

Binatang bumi itu keluar maka ia memberi pertanda kepada manusia di wajah mereka. Kemudian jumlah mereka semakin bertambah banyak hingga seseorang yang membeli onta ditanya, ‘Dari siapa kamu membeli onta itu?’ Dia menjawab, Dari salah seorang yang dicap wajahnya.” (HR. Ahmad)

7. Turunnya Nabi Isa Ke Dunia

Dalam situasi yang penuh kekacauan dan fitnah Dajjal. Petaka dan kehancuran terus menyelimuti umat muslim. Hingga akhirnya tiba saatnya Allah SWT, mengutus kepada Nabi Isa As untuk turun ke dunia dan menuntaskan Dajjal. Dajjalpun mati! Nabi Isa berhasil membunuh Dajjal dengan pedangnya di sebuah desa bernama Bab Lud, yang berdekatan dengan Baitul Maqdis.

Dan demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada kalian (‘Isa) Ibnu Maryam Alaihissallam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti/pajak), dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya.” (HR. Al- Bukhari)

Dalam tafsir ath-Thabari juga disebutkan : “‘Isa bin Maryam akan turun, lalu membunuh Dajjal.”

Hal ini sama dengan apa yang telah difirmankan oleh Allah SWT, dalam al-Qur’an surat al-Imron ayat ke 55, yang artinya :”“(Ingatlah), ketika Allah berfirman: ‘Hai ‘Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikanmu kepada akhir ajalmu dan mengangkatmu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian hanya kepada Aku-lah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu ber-selisih padanya.’” (Ali ‘Imran: 55)

8. Matahari Terbit Dari Barat

Rasulullah SAW bersabda :“Hijrah tak akan terputus jika taubat masih diterima, dan taubat akan selalu diterima sampai matahari terbit dari barat. Jika ia telah terbit (dari barat), maka dikuncilah setiap hati dengan apa yang ada di dalamnya dan dicukupkan bagi manusia amal yang telah dilakukannya.” (HR. Ahmad).

Begitu pula dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam sebuah hadits shahih Bukhari dan Muslim.

Belum akan datang kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh manusia akan beriman. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.”

9. Melimpahnya Harta Benda

Rasulullah SAW bersabda : ““Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir.” (HR. Muslim)

Hal ini juga disebutkan dalam hadits yang menceritakan tentang turunnya Nabi Isa. Dimana beliau akan menuntaskan segala fitnah, menghapuskan pajak dan membawa kemakmuran bagi umat Islam di akhir jaman.

Rasulullah bersabda : “Dan demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada kalian (‘Isa) Ibnu Maryam Alaihissallam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti/pajak), dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya.” (HR. Al- Bukhari)

10. Waktu terasa semakin mendekat

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh at-Thirmidzi. Ketika kiamat akan datang, jaman terasa semakin dekat, yang artinya adalah waktu semakin terasa cepat berlalu. Satu tahun rasanya seperti hanya satu bulan saja. Satu bulan terasa seperti hanya seminggu. Seminggu hanya seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam bahkan berakhir secepat orang menyalakan kayu dengan menggunakan api.

11. Yakjuj – Makjuj

Munculnya Ya’juj – Ma’juj menjadi salah satu pertanda yang akan semakin memperjelas akan datangnya hari kiamat. Sebagai mana Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Al-Qur’a surat Al-Anbiya ayat 96 hingga 97. Yang artinya adalah :

Hingga apabila dibukakan (dinding) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah datangnya janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang dzalim.” (QS. Al-Anbiya:96-97)

Demikianlah tadi tanda-tanda datangnya hari kiamat berdasarkan Al-Qur’an, Hadits, dan penuturan para ulama’ terdahulu. Semoga kita termasuk hamba Allah SWT yang beruntung dan selalu dalam perlindungan-Nya.

Hikmah Mengingat Tanda tanda Hari Kiamat

hikmah dari tanda tanda kiamat

Setiap apa yang dibahas dan diperbincangkan oleh seorang muslim dengan yang lainnya, hendaklah mengambil manfaat atau hikmah dari pembicaraan yang dilakukan. Itulah sikap yang bijaksana, sehingga dengan demikian tak ada yang sia-sia dalam aktvitas yang kita lakukan.

1. Percaya kepada hal ghaib

Apalagi jika kita membahas tentang tanda-tanda hari kiamat atau akhir zaman. Sebagai umat muslim, tentu menjadi satu kewajiban bagi kita untuk percaya terhadap hal yang ghaib salah satunya adalah percaya akan hari kiamat. Kiamat adalah perkara yang ghaib, karena hanya Allah SWT lah yang tahu tentangnya. Bahkan, Nabi SAW pun tak banyak tahu tentang kapa hari kiamat akan terjadi.

2. Mempertebal keimanan dan ketaqwaan

Selain itu, dengan membaca kisah yang tersirat maupun yang tersurat di al-Qur’an dan Hadits tentang pertanda datangnya hari kiamat, tentu akan semakin menumbuhkan ketaatan kita kepada Allah Azza wa Jalla. Karena jika sewaktu hari kiamat datang, siapa lagi yang mampu menolong kita , kecuali hanya ridhlo Allah semata.

3. Mengajarkan tentang pentingnya sikap amanah

Beberapa dari pertanda kiamat yang disebutkan dalam hadits Nabi SAW juga menyebutkan tentang satu kondisi dimana sudah jarangnya ditemui orang yang jujur. Amanah yang disia-siakan, hingga betapa buruknya resiko menyerahkan tanggung jawab kepada orang yang tak mampu atau kepada yang bukan ahlinya. Nah dari sini kita bisa belajar, bahwasanya kita amanah adalah sikap yang harus senantiasa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Betapa penting sikap amanah, hingga hilangnya sikap amanah disebut sebagai pertanda datangnya peristiwa besar yakni hari kiamat.

4. Mengingatkan kita tentang besarnya manfaat kejujuran

Di tanda hari kiamat juga disebutkan bahwa orang yang jujur ditindas, yang yang berbohong justru diunggulkan. Dari tanda-tanda hari kiamat tersebut, kita dapat mengambil hikmah diantaranya adalah kebohongan adalah sumber dari malapetaka yang besar. Kebohongan adalah jembatan menuju kehancuran yang abadi. Sedangkan saat ini bisa kita lihat, jangan dulu melihat orang lain, lihat diri kita sendiri. Berapa kali kita berbohong pada setiap pagi hingga malam hari? Sudahkah dalam sehari sjaa kita terus berkata jujur?

5. Mengesampingkan dunia dan konsentrasi menatap masa depan di akhirat

Dalam salah satu hadits yang menerangkan tentang pertanda datangnya hari kiamat juga menyebutkan tentang umat yang berlomba menghiasi masjid. Lalu, apa yang salah dengan memperindah masjid? Tentu tidak! Jangan hanya menyimpulkan dari apa yang tersurat atau tertulis saja, namun kita juga harus mencari makna yang terkandung didalamnya. Itulah gunanya manusia diberi anugerah akal oleh Allah SWT.

Yang dimaksud dalam hadits terseut adalah ketika banyak diantara kita hanya memikirkan tentang dunia saja. Bahkan ketika membangun masjid ‘rumah Allah’ sekalipun, banyak diantara kita yang sudah belok niatnya. Meskipun hanya sedikit, tentu ada rasa ingin di WAH oleh orang lain, ataupun timbul rasa bangga. Nah, itulah yang dimaksud dalam bermegah-megahan (*semoga Allah SWT memaafkan jika ada kesalahan). Sedangkan masjid yang telah dibangun dengan megah ternyata kosong atau tidak diisi dengan berbagai macam kegiatan keagamaan yang intinya untuk mengajak umat mempertebal keimanannya.

6. Mengingatkan kita untuk berbakti kepada kedua orang tua

Rasulullah SAW telah bersabda dalam sebuah hadits, tentang tanda datangnya hari kiamat yang salah satunya adalah “Ketika seorang budak wanita melahirkan tuannya”. Arti dari ungkapan tersebut sangatlah dal;am dan langsung menusuk ke hati. Sebagai seorang anak apa yang telah kita aberikan kepada orang tua kita? Jangankan membalas budinya yang telah merawat kita sedari kecil, yang ada kita seringkali menyakiti hati mereka. Semoga Allah SWT memuliakan kedua orang tua kita. Amin.

Demikian artikel seputar tanda tanda kiamat, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Comment