Teks Eksplanasi Banjir Bandang

Teks Eksplanasi Banjir Bandang – Banjir ialah sebuah fenomena alam yang sering terjadi terutama di Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya faktor terjadinya bencana ini lebih banyak karena ulah dari manusia, lalu bagaimana dengan proses terjadinya banjir bandang ?

teks eksplanasi banjir bandang

Dalam artikel ini admin akan membahas mengenai contoh teks eksplanasi banjir bandang yang mungkin sedang teman-teman cari ketika kelas VII atau kelas XI dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam tugas mata pelajaran kalian skarang ini.

Baca Juga : Ciri-ciri dan Reproduksi Tumbuhan Lumut

Contoh Teks Eksplanasi Banjir Bandang

Berikut adalah contoh teks ekspalanasi banjir bandang lengkap beserta dengan strukturnya :

1. Pertanyaan Umum

Pertanyaan umum ini menjelaskan mengenai latar belakang terjadinya banjir bandang. Untuk pertanyaan umum sendiri memang singkat seperti berikut :

Banjir bandang merupakan kejadian alam banjir yang besar dan datang secara tiba-tiba, mengalir deras dan menghanyutkan benda-benda besar. Banjir bandang juga disebut dengan ari bah. Banjir dapat mengakibatkan berbagai masalah, dari masalah sosial hingga ekonomi, berusak berbagai fasilitas maupun sarata dan prasarana yang dilewatinya. Selain itu aliran air yang deras juga membawa berbagai macam material dari hulu yang menyebabkan rumah warga hancur dihantamnya.

2. Deretan Penjelas

Dalam deretan penjelas, berisikan bahasan mengenai penjelasan spesifik kenapa terjadi banjir bandang dan apa saja efeknya dan lain sebagainya.

Penyebab utama terjadinya banjir bandang ialah proses orografis. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air dan bergerak secara horizontal. Lalu angin tersebut perlahan naik menuju pegunungan, suhu udara yang ada di pegunungan menyebabkan kondensasi dan akhirnya terjadi hujan disekitar pegunungan.Karena curah hujan yang deras, maka mengakibatkan banjir bandang yang terjadi di setiap daerah sepanjang aliran sungai.
Penyebab banjir bandang lainnya ialah terbentuknya sebuah bendungan alami akibat longsornya tanah dari lereng-lereng yang ada disepanjang aliran sungai. Bendungan alama ini biasanya terbentuk akibat hasil dari longsoran berupa tanah, batu dan kayu hasil penebangan liar di sepanjang lereng. Bendungan alami yang terbentuk karena longsor tadi menyebabkan air yang turun dari lereng-lereng perbukitan tertampung diatas sehingga bentuk danau atau tampungan air dalam jumlah besar. Kian hari air-air yang terbendung tersebut makin bertambah banyak dan ketika bendungan alami tadi tidak sanggup lagi menahan jumlah air maka bendungan tersebut akan rusak. Rusaknya bendungan air tersebut dapat menyebabkan tertumpahnya air yang banyak dan mengalir melalui lembah dan aliran sungai lama serta bisa mengahantam segala benda apapun yang ada di depannya.
Bisa juga terjadi karena jebolnya bendungan ataupun waduk. Hujan lebat yang mengguyur bumi dalam waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan penambahan debit air pada waduk atau bendungan. Apabila jumlah air semakin besar dapat mengakibatkan tanggul jebol karena tidak kuat menahan debit air yang tertampung. Aliran air yang tidak terbendung dapat menggenangi daerah-daerah yang berada disekitar waduk. Terutama daerah-daerah yang memiliki ketinggian lebih rendah dari waduk atau bendungan tersebut.

3. Interpretasi

Dalam bagian penutup (Interpretasi), merupakan opini penulis dan biasanya berisikan inti dari penjelasan diatas.

Banjir banding tidak bisa kita anggap sebagai persoalan tunggal, Melainkan sesuatu yang diakibatkan oleh beberapa faktor secara berantai yang mengundang banjir. Pemerintah dan masyarakat harus bisa membantu dan bersatu padu untuk menanggulangi banjir agar dampak negatif bencana alam ini dapat diminimalisir.

Demikianlah artikel mengenai teks eksplanasi banjir bandang lengkap dengan contoh dan strukturnya, semoga teman-teman dapat mengerti dan memahami dari isi artikel diatas. Terimakasih

Leave a Comment