Ukuran Lapangan Basket

Ukuran Lapangan Basket Basket merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Permainan basket ini menggunakan bola sebagai alat utama untuk menentukan goal dan point. Di Indonesia sendiri permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada tingka nasional maupun internasional.

PERBASI (Persatuan Basket Seluruh Indonesia)[Sumber] adalah sebuah organisasi yang ada di Indonesia yang menaungi cabang olahraga bola basket. Sedangkan untuk turnamen atau kejuaraan Internasional ada NBL (National Basket League). Untuk mengetahui lebih jelasnya yuk simak penjabarannya dibawah ini :

Ukuran Lapangan Basket International

Ukuran Lapangan Basket International

Berapa sih ukuran lapangan basket standar internasional ? Untuk ukuran lapangan basket berstandar internasional adalah 28m x 15m. Lapangan ini memiliki garis tengah dengan ukuran 1,8m x 0,05m degan panjang garis akhir wilayah serang 6m dan garis tembak 3,60m. Dilapangan basket ini terdapat 3 buah lingkaran dengan panjang 1,8 meter.

Untuk papan pantul pada lapangan basket standar internasional memiliki dimensi bagian dalam 0,59m x 0,45m dan ukuran kotak bagian luar adalah 1,8m x 1,2m. Jarak dari lantai sampai kepapan pantul bawah adalah 2,9 meter. Sedangkan jarak antar papan pantul bawah ke ring basket adalah 0,15 meter.

Ukuran Lapangan Basket Nasional

ukuran lapangan basket nasional

Untuk ukruan lapangan basket standar nasional sendiri berukuran 25,5m x 15m. Lapangan basket nasional memiliki ukuran panjang garis tengah lingkaran 1,8 meter dan lebar garis 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkah daerah serang adalah 6 meter. Dan untuk ukuran garis tembakan hukuman berjarak 3,6 meter.

Ukuran lapangan basket standar nasional juga memiliki 3 buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan dengan panjang jari – jari 1,8 m. Lapangan bola basket standar nasional juga memiliki jarak papan pantul luar dan dalam.

Ukuran lapangan basket standar nasional memiliki tiga buah lingkaran yang terdapat dalam lapangan dengan panjang jari-jari sebersar 1,8 meter. Lapangan basket standar nasional ini juga memiliki jarak papan pantul luar dan dalam.

Untuk jarak pantul yang di dalam ukurannya 0,59m x 0,45 m dan untuk jarak papan pantul di bagian luar ukurannya 1,8m x 1,2m. Lalu jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah ialah 2,75 meter dan untuk jarak papan pantul ke bagian bawah sampai ring basket 0,30 meter.

Ukuran Ring Basket

ukuran ring basket

Untuk ukuran ring basket sendiri memiliki panjang 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang dan penyangganya ke garis akhir adalah 1 meter. Dan panjang papan pantul di bagian luar adalah 1,8 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,2 meter. Panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangakan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.

Untuk tinggi ring bola basket sendiri jarak antar lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter.

Sejarah Bola Basket

sejarah basket

Nama “Basket” berasal dari ketika seorang siswa YMCA mengatakan kata basket tidak sengaja. Kemudian seorang Dr James Naismith yang merupakan pencipta permainan ini pun tertarik menggunakan nama basket tersebut. Sejarah singkat bola basket berawal dari tahun 1981 di YMCA yaitu sekolah keristen yang berada di daera Kanada.

Penciptaan permainan ini pun tidak langsung terjadi begitu saja, tetap dengan beberapa tahap yang dibantu oleh siswanya untuk meainkannya, Dr James Naismith pun dengan telilti membuat aturan permainan basket yang sesuai dengan keadaan yang diinginakannya.

Saat pertama permainan, tim pemain yang berjumlah 9 orang pemain dan tidak ada yang mendribble. Sehingga bola dapat berpindah hanya dengan satu lemparan. Dengan berbagai pertimabangan, ukuran bola basket pun di atur dengan berat 600-650 gram dan ukuran diamter bola 75-78cm. Bola pun harus bisa memantul hingga 1,2-1,5 meter dari ketinggian 1,8 meter.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

sejarah basket indonesiasejarah basket indonesia

Saat ini permainan bola basket telah menyebar di seluru dunia. Salah satunya pun sudah masuk di permainan olahraga yang ada di Indonesia. Sejarah di negeri yang kaya akan kekayaan alamnya pun cukup panjang. Permainan ini masuk memlalui perantau-perantau dari negara Cina sekitar tahun 1920-an.

Para perantau tersebut yang membawa permainan ini yang sudah terlebih dahulu berkembang di negara kincir angin. Permainan bola basket awalnya hanya dimainkan oleh komunitas mereka dan termasuk mendirikan sekolah yang bernama Tionghoa. Permainan bola basket yang masih di bidang olahraga pun menjadi permainan wajib yang harus dimainkan oleh siswanya disana. Jadi tidak heran jika kebanyakan dari pemain bola basket yang terkenal berasal dari sekolah Tionghoa.

Sejarah bola basket di indonesia sudah ada sejak tahan 1930-an. Walaupun bangsa indonesia belum menjadi negara merdeka. Namun setelah negara sudah merdeka, permainan ini mulai dikenal luas di negara Indonesia terutama di perkoataan. Permainan basket ini dimainkan di tingkat nasional yaitu pada tahun 1948 di Solo pada ajang PON 1 (Pekan Olahraga Nasioanal 1). Walaupun penyelenggaraan ini belum memiliki induk olahraga nasional.

Tanggal 3 April 1982 ialah tanggal bersejarah untuk Indonesia mengenai permainan bola basket. Pada hari tersebut di Indonesia ada pertandingan basket antara Rajawali Jakarta dengan Semangat Sinar Surya Yogyakarta. Pada pertandingan inilah awal mulanya kompetisi bola basket pertama kali di Indonesia. Klub-klub papan atas pun mulai mengadakan berbagai kompetisi untuk membuat atlet-atlet berbakat.

Posisi Pemain Basket

posisi pemain basket

Selain dari ukuran lapangan basket, pada permainan bola basket setiap pemain harus mengetahui peran atau posisinya di lapangan. Karena jika tidak tahu posisi dalam permainan basket maka bisa dipastikan sang pemain pastinya tidak dapat bermain dengan baik, bahkan dapat merusak kekuatan permain pada tim.

Oleh sebab itu, para pemain basket professional wajib mengetahui posisi dalam permainan bola basket. Meskipun dalam permainan bola basket membutuhkan kerjasama tim yang baik, namun perlu juga didukung dengan skill ataupun kemampuan individu.

Bagi para pemain bola basket maka hal tersebut sangat lah wajib untuk mengetahuinya agar dapat bermain dengan baik. Berikut admin jelaskan mengenai tiga posisi pemain bola basket beserta tugas-tugas dan fungsinya.

1. Guard

Posisi guard sendiri terdiri dari 2 macam yaitu point guard dan shooting guard.

  • Point guard adalah Posisi pemain yang bertugas sebagai mengatur permainan baik serangan maupun bertahan.
  • Shooting guard adalah posisi pemain yang bertugas sebagai pemain yang memasukkan bola ke dalam ring. Pada posisi ini pilihlah pemain yang memiliki akurasi tembakan yang cukup baik. Selain itu kecepatan dan postur tubuh sangat dipertimbangkan juga dalam posisi ini.

2. Forward

Sama seperti guard, Forward juga terdiri dari 2 macam yaitu small forward dan strong forward.

  • Small forward adalah pemain yang memiliki banyak kemampuan seperti umpan balik, dribble, dan shooting.
  • Strong forward adalah pemain yang berposisi di bawah ring baik dalam kondisi menyerang maupun bertahan. Pada pemain ini biasanya memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, dengan begitu bisa menghalangi musuh atau mengambil bola saat terjadi rebound.

3. Posisi Center

Pemain bola basket dengan posisi ini bertugas untuk bertahan saat terjadi serangan dari lawan. Pemain dalam posisi ini harus memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar. Selain itu pemain center biasanya paling banyak melakukan pelanggaran karena hal ini termasuk salah satu strategi atau taktik bertahan.

Demikian artikel seputar ukuran lapangan basket, walaupun kita tidak mengerti atau bukan pemain bola basket professional, dengan melihat gambar dan ukuran lapangan bola basket di atas sudah cukup bagi kita mendapatkan pemahaman tentang bagaimana kondisi dan ukuran lapangan bola basket standar nasional dan internasional yang selama ini kita lihat.

Terimakasih 🙂

Leave a Comment