Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Ukuran Lapangan Futsal

ukuran lapangan futsal

Ukuran Lapangan Futsal – Futsal adalah permainan sepak bola yang dimainkan diatas lapangan dengan ukuran lebih kecil dan pada umumnya dimainkan didalam ruangan. Futsal juga adalah salah satu cabang olahraga kelompok yang dimainkan oleh dua tim saling berlawanan dan setiap timnya terdiri dari 5 pemain, sehingga apabila dijumlahkan maka seluruh pemain futsal yaitu sebanyak 10 orang.

Tidak hanya pemain lima pemain inti saja, setiap tim tersebut memiliki pemain cadangan juga yang berada dipinggir lapangan sama seperti tim sepakbola pada umumnya. Cara bermain futsal ialah kedua tim harus memperebutkan bola futsal dan mengolah dengan menggunakan kaki kemudian dimasukkan ke gawang lawan agar terciptanya point.

Nama futsal sendiri merupakan istilah internasional yang berasal dari bahasa Spanyol atau Portugis, yakni Futbol ( sepak bola ) dan Sala ( ruangan ) jadi jika digabungkan artinya menjadi sepak bola di dalam ruangan.

Sejarah Futsal

ukuran lapangan futsal

Asal terjadinya futsal ini muncul pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay yang pertama kali diciptakan oleh seseorang yang bernama Juan Carlo Cerini pelatih sepakbola yang berasal dari Argentina.

Sebenarnya Juan Carlo Cerini ini tidak berencana dalam menciptakan olahraga futsal. Cerini mendapatkan ide pada saat ia dan tim asuh sepakbolanya melakukan latihan di lapangan bola, namun ketika itu cuaca tidak kondusif dikarenakan hujan deras dan tidak memungkinkan untuk melakukan latihan. Maka dari itu Cerini berinisiatif  untuk mengalihkan latihan sepak bolanya ke dalam ruangan.

Walaupun Cerini sering melakukan latihan didalam ruangan, akan tetapi ia tetap mendapatkan hasil yang baik dan sesuai apa yang dia harapkan bersama tim asuh nya. Mulai dari situlah Cerini mempunyai gagasan untuk menciptakan sebuah olahraga sepakbola di dalam ruangan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit yaitu 5 orang vs 5 orang, dengan menggunakan ukuran lapangan yang lebih kecil. Inilah yang menjadikan dasar terciptanya sejarah futsal hingga sekarang ini yang sangat berkembang pesat ke seluruh penjuru dunia.

Olahraga futsal tidak akan berlangsung tanpa adanya area bermain futsal yang sesuai dengan determinasi dan peraturan tersebut meliputi Ukuran Lapangan Futsal dan peraturan lainnya, Berikut ini Ukuran Lapangan Futsal menurut FiFA dan AMF

Olahraga bola futsal tidak akan bisa berlangsung tanpa adanya area bermain futsal yang sesuai dengan peraturan dan determinasi tersebut meliputi ukuran lapangan futsal dan peraturan-peraturan lainnya. Berikut adalah ukuran lapangan futsal menurut standar AMF dan FIFA.

Ukuran Lapangan Futsal Standar FIFA

Ukuran Lapangan Futsal Standar FIFA

Pada saat kita bermain futsal mungkin kalian pernah memperhatikan ukuran lapangan futsalnya, ada yang terlihat sempit dan ada juga yang terlihat lebar, faktor ini dikarenakan standar lapangan futsal dibagi menjadi dua, yaitu standar lapangan futsal nasional dan standar lapangan futsal international. Berikut perbedaan dari kedua lapangan tersebut menurut standar FIFA dan AMF.

  • Ukuran lapangan futsal standar nasional memiliki ukuran panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter.
  • Ukuran lapangan futsal standar internasional memiliki ukuran panjang minimal 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

Garis Lapangan Futsal

garis lapangan futsal

  1. Garis lapangan futsal ditandai dengan garis pembatas lapangan. ada dua macam garis yakni garis yang berukuran lebih panjang disebut dengan garis samping (touch line) dan garis yang lebih pendek disebut garis gawang (goal line)
  2. Lebar garis pembatas ialah 8cm.
  3. Lapangan tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut dengan garis tengah.
  4. Titik tengah ditandai sebagai titik tepat ditengah lapangan, dan garis melingkar dibuat dengan titik pusat dari titik tengah tersebut dengan jari-jari lingkaran 3 meter.

Daerah Pinalti

Daerah Pinalti

Untuk daerah didepan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran disebut dengan daerah pinalti. Penentuan dari area pinalti adalah :

  • Dibuat dengan 2 garis seperampat lingkaran berjari-jari 6 meter di dalam lapangan dengan titik pusat di setiap tiang gawang.
  • Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel pada garis gawang. Dan satu ujung lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujng yang berada didepan kedua tiang gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 meter  dan sejajar dengan garis gawang, Mengapa harus 3,16m ? karena 3,16 meter ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang tersebut yang masing-masing diamternya 8 cm.

Titik Pinalti

Titik Pinalti

Titik pinalti pada lapangan futsal dibagi menjadi dua yaitu :

  • Titik penalti pertama berjarak 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang
  • Titik penalti kedua berjarak 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang

Daerah Tendangan Sudut

Daerah Tendangan Sudut

Pada setiap masing-masing sudut lapangan dibuat seperempat lingkaran dengan jari-jari berukuran 25cm.

Daerah Bebas

Daerah Bebas

Daerah bebas ini terletak di 5 meter pada sekeliling garis tengah lapangan. Daerah ini harus bebas pandangan ke lapangan, karena pada sisi luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketiga dan pencatatan waktu. Jarak meja wasit ketiga ini minimal 2 meter dari garis tepi lapangan.

Daerah Pergantian Pemain

Daerah Pergantian Pemain

Jarak 5 meter setelah garis daerah bebas yaitu daerah pergantian pemain. Pada daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping. Lebar garis ini adalah 8cm, dan panjangnya berukuran 80cm ( 40cm didalam lapangan dan 40 cm di luar lapangan )

Gawang Lapangan Futsal

Gawang Lapangan Futsal

Gawang futsal harus ditempatkan pada bagian tengah dari masing-masing garis gawang. Lebar gawang adalah 3 meter diukur dari bagian dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang adalah 2 meter diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke bawah lantai.

Untuk penampang tiang yang diperbolehkan adalah kotak dan lingkaran, namun bentuk penampang lingkaran tersebut lebih dianjurkan, karena selain relatif lebih aman jika terjadi benturan juga pantulan bola dengan tiang penampang bundar lebih menghasilkan arah yang akurat.

Jaring gawang juga harus berbahan nilon, yang diikatkan ke tiang dan palang gawang. Kedalaman gawang adalah 80cm untuk bagian atas gawang dan 100cm untuk bagian bawah.

Bagian Permukaan Lapangan Futsal

Bagian Permukaan Lapangan Futsal

Bagian permukaan lapangan futsal harus rata, halus dan tidak licin. Bahan yang dianjurkan adalah parkit atau kayu. Tidak dianjurkan menggunakan bahan beton atau paving stone. Pemilihan bahan permukaan lapangan ini bertujuan untuk mengutamakan keselamatan para pemain futsal pada saat bermain.

Ketetapan dan Keputusan Futsal

Ketetapan 1

Jika garis gawang berjarak antara 15-16m, radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4m, Dalam hal ini titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi di daerah penalti, namun berada pada jarak 6m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.

Ketetapan 2

Garis dapat digambarkan di luar lapangan, 5 m dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini dapat dicermati jika tendangan sudut dilakukan. Lebar garis ini adalah 8 cm.

Ketetapan 3

Dua garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 meter pada bagian kanan dan kiri titik penalti kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan pada saat tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.

Ketetapan 4

Tempat duduk pemain cadangan berada di bagian belakang garis pembatas lapangan, tepat di samping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu (time keeper).

Jenis Lapangan Futsal

Untuk lapangan futsal sendiri dibagi beberapa jenis diantaranya adalah :

Rumput Sintetis

Rumput Sintetis

Lapangan dengan lantai rumput sintetis ini terbuat dari plastik, dan jika kita terjatuh pada saat bermain, maka tidak akan terasa sakit. Maka dari itu, lapangan dengan rumput sintesis ini banyak disukai oleh para pemain futsal. Memang agak sedikit mahal untuk sewa per jamnya.

Vinyl

Vinyl

Selanjutnya ialah jenis lantai vinyl,  vinyl terbuat dari bahan yang menyerupai karet. Lapangan seperti ini juga banyak diminati para pemain futsal, karena lapangannya yang empuk dan permukaan yang halus. Maka jika kita terjatuh tidak akan terasa sakit. Dan lapangan vinyl ini biasa disebut dengan rubber.

Tebal lapangan dari jenis ini, bisa digunakan dengan ketebalan 5 mm, 6 mm, sampai 8 mm. Kelebihan dari lantai vinyl ini, laju bola lancar dan tidak menghambat karena permukaan lapangan yang sangat rata, dan jika terjatuh tidak akan terasa sakit, karena tebalnya lapisan karet.

Polypropylene

LANTAI POLYPROPYLENE

Lapangan ini terbuat dari bahan plastic PP, dan lapangan ini dapat dipindah-pindahkan atau di bongkar pasang. Dan mempunyai ketahanan yang cukup awet dan kuat. Lapangan seperti inilah yang paling diminati oleh para pemain futsal saat ini. Karena kesat dan saat terjatuh tidak terlalu terasa sakit.

Ukuran Bola Futsal

UKURAN BOLA FUTSAL

Bola futsal merupakan salah satu benda yang paling penting untuk bermain futsal. Bola futsal sebenaranya sama dengan bola sepakbola, akan tetapi ukuran bola futsal lebih kecil dari pada ukuran bola sepakbola. Untuk ukuran bola futsal standar yaitu berukuran 4cm  dengan keliling 62-64 cm dan beratnya 0,4 – 0,44 kg. Lambungan bola 55- 56 cm pada pantulan pertama. Dan bahan bola biasanya dari kulit.

Sebenarnya di setiap tempat lapangan futsal pasti sudah disediakan bola. Namun, terkadang bola yang disediakan dilapangan tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Maka dari itu kita harus membawa bola khusus bola cadangan agar sewaktu bermain terasa lebih enak dan maksimal.

Atribut Pemain Futsal

Atribut Pemain Futsal

  1. Pemain futsal harus memakai seragam atau kostum layaknya pemain sepakbola, (celana pendek, kaos seragam, kaos kaki, sepatu dan pengaman kaki (dekker) )
  2. Seragam pemain harus diberi nomor punggung 1-15 pada seragam pemain. Dan warna angka dengan warna seragam harus dibedakan.
  3. Untuk penjaga gawang diperbolehkan memakai celana panjang, dan di bagian luarnya harus ditutup dengan menggunakan kaos kaki
  4. Seragam yang dipakai oleh penjaga gawang harus berbeda dengan seragam pemain yang lainnya agar tidak nyaruh.
  5. Apabila pemain melakukan kesalahan dan tidak melengkapi atributnya maka wasit berhak menegur dan memerintahkan untuk membenahi perlengkapannya.

Keselamatan Bermain Futsal

Keselamatan Bermain Futsal

Pemain futsal tidak dibolehkan menggunakan peralatan atau memakai jenis apapun yang dapat membahayakan dirinya sendiri atau pemain lainnya, termasuk bentuk perhiasan dan aksesoris lainnya seperti jam tangan, gelang dan lain-lain.

Waktu Pertandingan Futsal

LAMA PERTANDINGAN FUTSAL

  • Waktu atau lama pertandingan Futsal adalah selama 2 kali 20 menit. Apabila hasil masih imbang maka di adakan perpanjangan waktu selama 2 kali 5 menit.
  • Pelatih diberikan kesempatan untuk meminta waktu time-out kepada pencatat waktu, selama 1 menit pada setiap babak.
  • Time-out boleh diminta setiap saat, dengan catatan saat tim tersebut sedang dalam menguasai bola.
  • Pencatat waktu dapat memberikan izin time-out ketika bola keluar dari lapangan permainan, dengan menggunakan peluit.
  • Ketika time-out diberikan, seluruh pemain futsal harus tetap berada di dalam lapangan permainan.
  • Tim yang tidak meminta time-out pada babak pertama, dan pada babak kedua hanya diperbolehkan mendapat 1 kali time-out saja.
  • Jarak waktu istirahat antar babak yakni 10 menit dan tidak boleh lebih dari 15 menit.

Demikian artikel seputar ukuran lapangan futsal dan penjelasan tentang permainan futsal lainnya, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 🙂

Avatar
Zaflan Hamba Allah yang merindukan Surga yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Umpan Ikan Patin

Avatar Zaflan
1 min read

Umpan Ikan Bawal

Avatar Zaflan
1 min read

Umpan Ikan Nila

Avatar Zaflan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *