Umpan Ikan Nila

umpan ikan nila

Umpan Ikan Nila – Untuk kalian yang hobi mancing, pastinya membutuhkan umpan yang paling jitu untuk bisa mendapatkan ikan yang kita inginkan. Tidak hanya umpan kita juga harus memperhatikan kondisi dan cuaca tempat memancing yang akan kita datangi. Pasalnya banyak para pemancing yang tidak memperhatikan tempat dan salah dalam memberikan umpan ikan yang bagus.

Banyak sekali jenis umpan ikan nila, salah satunya ialah lumut. Banyak para pemancing menggunakan pakan ini untuk memancing ikan nila liar, karena mereka menganggap lumut sebagai makanan alami untuk ikan nila. Umpan ikan nila tidak hanya lumut saja banyak macam nya kita akan bahas selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga : Umpan Ikan Patin Paling Jitu

Umpan Ikan Nila Paling Ampuh

Berikut adalah umpan ikan nila yang sering digunakan oleh para pemancing :

1. Umpan Ikan Nila Lumut

umpan ikan nila lumut

Umpan ikan nila pertama yaitu lumut. umpan ini banyak sekali digunakan oleh para pemancing khususnya ikan nila di Indonesia, karena jenis umpan ini sangat mudah dicari dimana saja dan bisa dibilang juga paling jitu untuk memancing ikan nila liar. Namun hanya jenis lumut tertentu saja yang bisa digunakan untuk memancing ikan nila.

Jenis lumut yang digunakan untuk memancing ikan nila adalah lumut yang ada di babatuan sungai, sawah dan selokan-selokan. Jenis lumut seperti ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan berawarna cerah yang dapat membuat ikan nila akan lebih tertarik.

Lumut yang digunakan untuk memancing ikan nila harus dicampur dengan bahan lain agar bisa mudah dikaitkan dengan kail pancingan kita. Racikannya ialah dengan mencampurkan lumut dengan garam dan sari pandan, campurkan sedikit garam pada lumut dan rendam sekitar 30 menitan lalu sari pandan tersebut bertujuan untuk menarik perhatian si ikan nila.

Garam yang dicampurkan tadi akan membuat lumut menjadi lebih lemas dan tidak mudah lepas dari kail pancing. Umpan ikan nila ini sangat manjur sekali dan banyak digunakan ileh para master pemancing ikan.

Baca Juga : Reproduksi Tumbuhan Lumut

2. Umpan Nila Pelet

umpan ikan nila pelet

Selanjutnya ialah umpan ikan nila dengan menggunakan pelet. Jenis umpan ikan nila seperti ini bisa kita terapkan untuk disungai, danau dan kolam-kolam pemancingan. Walaupun ikan nila tidak suka dengan makanan ini akan tetapi umpan pelet ini terbilang cukup ampuh dan manjur juga sama seperti lumut, umpan pelet ini juga harus ditambahkan campuran lain agar lebih menarik perhatian si ikan nila.

Racikannya ialah dengan mencampurkan pelet dengan air panas dan vanili. Air panas tersebut bertujuan untuk membuat tekstur pelet menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikaitkan dengan kail pancing. Sedangkan vanili berfungsi untuk memberikan aroma yang khas agar ikan nila mau memakan umpan tersebut. Umpan ini sangat manjur jika kita tidak bisa menemukan lumut.

3. Umpan Ikan Nila Mie Instan

umpan ikan nila mie instan

Tidak hanya lumut dan pelet saja kita juga bisa menggunakan mie instan untuk umpan ikan nila liar. Mungkin ini terdengar aneh namun sangat manjur untuk bisa mendapatkan ikan nila dengan menggunakan mie instan. Umpan ini bisa kita gunakan jika memang pakan umpan benar-benar sangat sulit didapatkan atau kehabisan pakan saat memancing.

Cara penyajiannya yaitu dengan menyiapkan sebuah kuning telur ayam dan air hangat untuk mencampur umpan ikan nila mie instant tersebut. Air panas ini berfungsi untuk menghaluskan mie instan dan membuatnya menjadi lunak agar dapat menempel pada kail pancing, sedangkan kuning telur ayam untuk memberikan bau amis pada mie instan tersebut agar menarik perhatian si ikan nila. Campur semua bahan lalu aduk sampai rata dan umpan ikan nila siap untuk digunakan.

4. Umpan Ikan Nila Cacing

umpan ikan nila cacing

Umpan ikan nila berikutnya ialah cacing. Jika kita malas untuk membuat pakan ikan nila buatan maka kiat bisa menggunakan cacing sebagai penggantinya. Umpan ikan nila cacing ini juga bisa dibilang cukup ampuh karena ikan nila termasuk ikan omnivora yang bisa memakan segala jenis makanan apapun.

Namun bukan cacing biasa  yang digunakan untuk memancing ikan nila ini. Jenis Cacing yang bisa diguanakan sebagai umpan nila ialah cacing yang ada di pohon pisang busuk, cacing pink/ cacing sawah dan cacing air. Umpan ikan nila dengan menggunakan cacing ini sangat manjur dan bisa kita gunakan macam-macam tempat karena cacing ini sangat mudah untuk ditemukan.

5. Umpan Ikan Nila Telur Semut (Kroto)

umpan ikan nila kroto

Umpan ikan nila terakhir ialah telur semut atau sering disebut dengan kroto. Telur semut ini jug merupakan makanan yang disukai oleh ikan nila. Kroto ini sangat mudah kita temukan di penjual pakan burung, biasanya harga per ons sekitar 10 ribuan atau jika kalian ingin mencari sendiri juga bisa dengan mencari di pepohonan.

Kroto disini yang kita gunakan sebagai umpan ikan nila hanya telur nya saja, jika kroto yang di dapat sedikit kita bisa menambahkan sedikit getah pohon nangka atau pohon sukun untuk merekatkan kroto agar bisa menyatu dengan kail pancing.

Baca Juga : Umpan Ikan Bawal 

Nah sekarang sudah gak bingungkan jika ingin menancing ikan nila dan mencari umpan ikan nila agar mendapatkan hasil yang banyak. Semoga artikel ini bermanfaaat untuk kalian yang suka memancing. Terimakasih 🙂

Desain Dapur Minimalis

Zaflan
3 min read

Desain Kamar Mandi Minimalis

Zaflan
2 min read

Pengertian Seni Musik

Zaflan
2 min read

2 Replies to “Umpan Ikan Nila”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *