Alat Musik Handpan : Sejarah, Fungsi dan Cara Memainkannya

Handpan adalah sebuah alat musik yang relatif baru dan unik yang berasal dari Swiss dan dipopulerkan oleh para pemain jalanan di seluruh dunia.

Alat musik ini memiliki bentuk seperti mangkuk yang terbuat dari logam dan memiliki berbagai tonalitas dan nada yang berbeda pada setiap bagian permukaannya. Handpan dapat dimainkan dengan cara dipukul dengan jari atau menggunakan stik, dan memiliki suara yang kaya dan harmonis.

Meskipun alat musik ini masih relatif jarang dikenal, popularitasnya semakin meningkat di kalangan pecinta musik di seluruh dunia karena kemampuan Handpan untuk menciptakan musik yang indah dan menenangkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang sejarah dan karakteristik Handpan serta bagaimana alat musik ini dimainkan dan diapresiasi.

Sejarah Alat Musik Handpan

sejarah alat musik handpan

Sejarah Handpan bermula pada tahun 2000 ketika Felix Rohner dan Sabina Schärer, dua seniman dari Swiss memulai eksperimen mereka dengan membuat alat musik baru yang dapat menciptakan suara yang indah dan berbeda dengan instrumen lain yang sudah ada.

Ide awal mereka adalah menciptakan alat musik yang memiliki karakteristik dari gong, tabla, dan steel drum, namun dengan desain yang lebih sederhana dan mudah dimainkan.

Setelah melalui berbagai eksperimen, akhirnya pada tahun 2001, mereka berhasil menciptakan Handpan pertama yang diberi nama “Hang” yang berarti “suara” dalam bahasa Swiss.

Setelah diluncurkan, popularitas Hang dengan cepat menyebar ke seluruh dunia, terutama di kalangan musisi jalanan dan penggemar musik alternatif. Namun, karena produksinya yang sangat terbatas dan sulit, harga Hang menjadi sangat mahal dan sulit diakses oleh banyak orang.

Pada tahun 2013, Felix dan Sabina memutuskan untuk menghentikan produksi Hang, dan sejak saat itu, beberapa pembuat alat musik lainnya di seluruh dunia mulai mencoba membuat Handpan dengan berbagai macam desain dan karakteristik yang berbeda.

Meskipun demikian, Handpan terus menjadi alat musik yang populer dan dicari oleh banyak orang, dan sampai hari ini, kisah Handpan terus berlanjut dan berkembang.

Fungsi Alat Musik Handpan

Fungsi utama Handpan adalah sebagai alat musik yang digunakan untuk menciptakan musik dengan suara yang kaya dan indah.

Alat musik ini dapat dimainkan secara solo atau digabungkan dengan instrumen lainnya, seperti gitar, piano, atau instrumen perkusi lainnya, untuk menciptakan komposisi musik yang lebih kompleks.

Selain itu, Handpan juga dapat digunakan sebagai alat musik terapi atau meditasi karena suaranya yang menenangkan dan relaksasi.

Banyak terapis musik dan praktisi meditasi yang menggunakan Handpan untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Handpan juga sering digunakan dalam pertunjukan seni, seperti pertunjukan tari, teater, dan pertunjukan seni lainnya karena suaranya yang unik dan menarik.

Selain itu, Handpan juga digunakan dalam praktik yoga dan senam untuk menciptakan suasana yang tenang dan harmonis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Handpan juga menjadi alat musik yang populer di kalangan produser musik elektronik dan EDM karena kemampuannya untuk menciptakan suara yang futuristik dan eksperimental.

Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya, Handpan menjadi alat musik yang serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai konteks musik dan seni.

Cara Memainkan Alat Musik Handpan

cara memainkan alat musik handpan

Cara memainkan Handpan cukup sederhana, namun membutuhkan teknik dan latihan yang baik untuk menghasilkan suara yang baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah umum dalam memainkan Handpan:

  1. Posisikan Handpan: Letakkan Handpan di atas permukaan datar dan stabil, dan letakkan di atas pangkuan atau di antara kedua kaki.
  2. Posisi tubuh: Dalam memainkan Handpan, sebaiknya duduk dengan posisi tubuh yang nyaman dan stabil, dan jangan lupa untuk menjaga posisi punggung dan bahu agar tetap rileks.
  3. Teknik memukul: Handpan dapat dimainkan dengan cara dipukul dengan jari atau menggunakan stik yang khusus dirancang untuk Handpan. Untuk memukul Handpan dengan jari, sebaiknya gunakan jari yang agak menggulung dan pukul bagian permukaan Handpan dengan bagian ujung jari secara perlahan dan berirama. Jika menggunakan stik, letakkan stik pada permukaan Handpan dan pukul dengan lembut.
  4. Eksplorasi nada: Handpan memiliki berbagai macam nada pada setiap bagian permukaannya, sehingga dapat dimainkan dalam berbagai skala dan nada. Eksplorasi nada pada setiap bagian permukaan Handpan dan cobalah bermain-main dengan pola dan irama yang berbeda.
  5. Praktik: Seperti instrumen musik lainnya, praktik adalah kunci untuk menguasai Handpan. Praktik secara teratur dan bertahap meningkatkan keahlian memainkan Handpan, dan juga membantu dalam menciptakan kreativitas dan mengembangkan gaya bermain sendiri.

Itulah beberapa langkah dalam memainkan Handpan. Namun, teknik dan gaya bermain dapat bervariasi tergantung pada preferensi masing-masing pemain dan jenis musik yang dimainkan.

Akhir Kata

Dengan kemampuan untuk menciptakan suara yang indah dan kaya, Handpan dapat digunakan dalam berbagai konteks musik dan seni, serta dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan menciptakan suasana yang tenang dan harmonis.

Dengan teknik dan latihan yang baik, serta eksplorasi nada yang kaya, Handpan menjadi alat musik yang serbaguna dan menarik untuk dimainkan.

Leave a Comment