Pengertian Seni Musik

pengertian seni musik

Pengertian Seni Musik – Semua orang pasti suka dengan yang namanya musik. Tidak sedikit dari kita yang mendengarkan musik untuk bisa memberikan hiburan atau semangat bahkan menghilangkan kejenuhan. Sebenarnya apa itu musik atau seni musik ?

Musik bisa diartikan sebagai beberapa nada dan suara yang disusun hingga menghasilkan sebuah irama, lagu dan harmonisasi. Pengertian seni musik secara umum ialah sebuah cabang seni yang berfokus pada melodi, irama, dan vocal yang berperan sebagai sarana dalam menuangkan perasaan si penciptanya.

Seni musik juga bisa bertambah atau berganti seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu. Setelah kalian mengerti tentang pengertian seni musik, pasti sekarang kalian sudah bisa membedakan tentang perbedaan jenis-jenis musik mulai dari nada, melodi sampai irama. Terdapat tiga jenis musik diantaranya klasik, populer dan tradisional.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

pengertian seni musik menurut para ahli

1. Seni Musik Menurut David Ewen

pengertian seni musik pertama yaitu menurut David Ewen, beliau sudah menerbitkan lebih dari 40 buku tentang musik dan mengungkapkan tentang seni musik sebagai berikut :

Seni musik adalah seni yang berhubungan tentang kombinasi ritmik serta nada-nada dimana meliputi melodi dan harmoni sebagai bentuk untuk ekspersi dari berbagai hal yang ingin diungkapkan terkhusus untuk hal emosional.

2. Seni Musik Menurut Dello Joio

Selanjutnya adalah pengertian seni musik menurut Dello Joio yang merupakan seorang komposer terkenal dari Amerika, beliau mengungkapkan bahwa:

Pengertian seni musik adalah sebuah seni yang dapat memperluas mengenai pandangan dan pengetahuan, baik itu tentang musik sendiri atau hal lain di luar musik.

Dengan mengenal musik kita dapat menumbuhkan rasa menghargai nilai seni dan juga menyadari adanya dimensi lain dari sebuah kenyataan yang tersembunyi.

3. Seni Musik Menurut Suhastjarja

Beliau adalah dosen senior di salah satu fakultas seni di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa :

Seni musik adalah sebuah ungkapan rasa dari manusia dengan bentuk suatu konsep pemikiran yang berwujud dari nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni. Dan mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain.

Itulah tiga pengertian seni musik menurut para ahli yang bisa dibilang sangat cocok dan paling pas, banyak juga para ahli lain yang menjelaskan tentang seni musik tersebut.

Ada juga pengertian seni musik secara etimologi yakni :

Seni adalah karya yang bernilai tinggi, dan musik adalah susunan suara dan nada yang saling menyatu dan berkesinambungan.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa pengertian seni musik secara etimologi merupakan suatu karya yang bernilai cukup tinggi yang berupa sebuah susunan nada yang saling berkesinambungan satu sama lain.

Baca Juga : Pengertian Yudisium dan Wisuda

Jenis-jenis Musik

jenis-jenis musik

1. Musik Klasik

Mungkin kalian sudah sering mendengar tentang musik klasik, yaa jenis musik yang satu ini sangat memiliki banyak manfaat diantaranya ialah meningkatkan IQ, relaksasi, meningkatkan daya ingatan seta dapat mengatasi insomnia. Musik klasik datang dari wilayah Eropa.

Notasi didalam musik klasik berbeda-beda dan dapat dibagi menjadi 2 yaitu musik klasik populer dan non populer (Eropa). Susunan dari musik klasik juga lebih kompleks dibandingkan dengan jenis-jenis musik lainnya.

2. Musik Populer

Musik yang satu ini sangat disukai oleh semua kalangan mulai dari yang muda hingga tua. Karena musik ini lebih mudah diterima oleh semua kalangan dan termasuk musik yang easy listening.

Musik populer mulai terkenal pada tahun 1950. Musik populer ini memiliki karakter yang lebih fleksibel dan mudah mengikuti perkembangan zaman.

Berikut merupakan jenis musik populer hingga saat ini :

  • Musik Jazz
  • Musik Rock
  • Musik Blues
  • Musik R&B

3. Musik Tradisional

Berbeda dengan jenis musik lainnya, jenis musik ini menggunakan alat musik tradisional untuk bisa menghasilkan nada, ritme hingga harmoni. Dan alat musik tradisional ini berbeda-beda di setiap daerah.

Biasanya musik tradisional cenderung lebih menggunakan gaya, bahasa serta tradisi dari negara dan daerah asalnya. Musk tradisional juga dibagi menjadi tiga yaitu countri, latin dan dangdut.

Jika kita lihat dari segi definisi musik sendiri, cabang seni ini merupakan salah satu cabang seni yang tidak akan pernah habis dimakan waktu. Bahkan seni musik sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak bisa dilepaskan.

Definisi seni musik adalah bentuk seni dari hasil penggabungan antara nada, suara, tempo, ritme, melodi serta harmoni dari alat-alat musik dan vokal.

Kalian pasti memiliki jenis musik favorit sendiri dimana selalu didengarkan pada saat kalin butuh hiburan atau sedang sedih 🙁

Pada dasarnya fungsi dari adanya seni musik ialah untuk hiburan, namun dari sebagian hal seni musik juga dapat berfungsi sebagai wadah atau media untuk menyampaikan sesuatu. Misalnya pada saat upacara adat atau acara keagamaan. Di daerah-daerah seni musik dijadikan sebagai perantara dalam berbicara dengan sang Penguasa.

Baca Juga : Pengertian Zodiak

Unsur-Unsur Seni Musik

Ada delapan unsur-unsur seni musik yang terkandung dalam sebuah karya seni musik diantaranya ialah :

  • Melodi
  • Irama
  • Birama
  • Harmoni
  • Tempo
  • Tangga nada
  • Dinamik
  • Timbre

Semua unsur tersebut pasti selalu ada dalam sebuah karya seni musik, karena dengan adanya unsur-unsur tersebut maka sebuah karya bisa disebut dengan seni musik.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian seni musik mulai dari pengertian menurut para ahli, jenis-jenis musik hingga unsur-unsurnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih 🙂

Desain Dapur Minimalis

Zaflan
3 min read

Desain Kamar Mandi Minimalis

Zaflan
2 min read

Umpan Ikan Patin

Zaflan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *